REPRESENTASI NASIONALISME DALAM VIDEO KLIP “WONDERLAND INDONESIA†KARYA ALFFY REV

Galing Bima Satria, Dian Marhaeni Kurdaningsih, Made Dwi Adnjani

Abstract


Video klip menjadi salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan pesan karena
dapat menjangkau penonton yang luas dan juga dapat mengangkat tema yang relevan
dengan masyarakat. Dalam hal ini video klip yang diteliti mengangkat tema Nasionalisme
yang merupakan realitas yang ada di Indonesia. Video klip yang akan dibahas atau diteliti
yaitu video klip yang berjudul “Wonderland Indonesia†karya Alffy Rev. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana rasa Nasionalisme direpresentasikan dalam video
klip “Wonderland Indonesia†berdasarkan teori analisis semiotika Roland Barthes dengan
tiga tahapan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos yang ada di dalamnya. Penelitian ini
merupakan tipe penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi Nasionalisme yang ada dalam
video klip terdapat delapanbelas scene yang memiliki makna denotasi, yang terdiri dari
sepuluh scene unsur Nasionalisme, enam scene yang memiliki unsur budaya sebagai
penguat Nasionalisme, dan dua lirik lagu yang memiliki unsur Nasionalisme. Pada
konotasinya dalam video klip ini rasa nasionalisme digambarkan dengan unsur budaya
yang menjadi penguat rasa nasionalisme dari diri anak bangsa. Mitosnya bahwa
perbedaan budaya menjadi dasar persatuan berbangsa dan menjadi penguat rasa
Nasionalisme dalam tubuh anak bangsa. Representasi nasionalisme yang ditemukan yaitu
bentuk kecintaan terhadap bangsa Indonesia, bentuk kebergaman Budaya, bentuk
perjuangan, dan bentuk penanaman rasa nasionalisme sejak dini. Kesimpulannya dalam
video klip ini menggambarkan keadaan Indonesia sekarang ini dan memiliki pesan agar
anak bangsa memiliki rasa Nasionalisme terhadap bangsa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Antonio C,A Amaral.2018.Budaya Indonesia dalam video clip ColdPlay “Amazing

Dayâ€(Analisis Semiotika Roland Barthes).Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu

Politik.Vol 7,No 2. Hal 163-166

Bambang Mudjiyanto,Emilsyah Nur.2013.Semiotika Dalam Metode Penelitian

Komunikasi.Jurnal Penelitian Komunikasi.Vol 16,No 1.Hal 73-82

https://www.youtube.com/channel/UCJpxfn2SxQ6NyH_lkvqitpQ Diakses pada

Mei 2022 pukul 21.40 WIB

https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-702451766/profil-dan-

biodata-alffy-rev-pembuat-video-wonderland-indonesia-karier-karya-pasangan-ig-

youtube Diakses pada 17 Mei 2022 pukul 15.28

Lina Andriani, Agusly Irawan Aritonang, Chory Angela Wijayanti,Representasi

Timur (The Orient) Dalam Video Klip Coldplay “Hymn For The Weekendâ€

Vol 6,No.2,tahun 2018

JURNAL ILMIAH SULTAN AGUNG

Universitas Islam Sultan Agung

Semarang, 25 Agustus 2022

ISSN : 2963-2730

Moller, D. (2011). Redifining Music Video. California: Major Written Assessment.

Noviani, R. (2002). Jalan Tengah Memahami Iklan Antara Realitas, Representasi,

dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Seto, I. (2013). Semiotika Komunikasi : Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan

Skripsi Komunikasi Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yoyon Mudjiono.2011. Kajian Semiotika dalam Film . Jurnal Ilmu Komunikasi.

Vol 1 . Hal 125-138


Refbacks

  • There are currently no refbacks.