Persepsi Masyarakat Terhadap Khidmah di MA Yanbu'ul Qur'an Menawan Kudus
Abstract
Artikel ini mengkaji tentang Persepsi MAsyarakat Terhadap Program Khidmah di MA Yanbuul Quran Kudus. Hal ini sangat penting untuk dibahas, sebab di era modern dimana sebagian masayarakat berprinsip bahwa kecepatan adalah hal terbaik, termasuk dalam pendidikan. Namun ada sebagian madrasah yang tetap mempertahankan tradisi salafnya berupa khidmah untuk mencapai keberkahan dalam proses pendidikannya. Padahal disisi lain, dengan adanya program khidmah maka proses pembelajaran menjadi lebih lama, namun uniknya animo masyarakat ternyata tetap tinggi untuk memasukan anaknya di MA Yanbuul Quran Kudus. Adapun rumusan masalah: 1). Bagaimana program khidmah di MA Yanbuul Quran Kudus; 2). Bagaimana Pemahaman Masyarakat terjahadap program Khidmah di MA Yanbuul Quran Kudus; 3). Bagaimana Persepsi Masyarakat terhadap Program Khidmah di MA Yanbuul Quran Kudus.
Penelitian ini menggunakan metode Mixed methods research dengan mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif secara ketat dengan mengintegrasikan dua bentuk data dalam desain penelitian tertentu untuk menghasilkan yang baru dan lebih lengkap wawasan atau pemahaman. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 27 wali santri yang menitipkan putranya di MA Yanbuul Quran serta sedang mengikuti program khimah dan 30 santri yang sedang menjalani program khidmah.
Setelah dilakukan penelitian didapatkan bahwa : 1). Penyelenggaran program Khidmah MA Yanbuul Quran Menawan Kudus memiliki corak khidmah yang berorientasi pada kemampuan di bidang pengelolaam kepesantrenan, kepemimpinan, dan pengembangan keilmuan dalam khazanah lembaga pendidikan Islam. 2). Pemahaman masyarakat terhadap program Khidmah MA Yanbuul Quran menunjukkan adanya kecenderungan kategori paham. 3). Persepsi masyarakat terhadap program Khidmah MA Yanbuul Quran menunjukkan adanya kecenderungan kategori positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, Aufa, The Khidmah Tradition of Santri Towards Kyai (The Review of ‘Urf & Psychology), Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 Issue 1, 2022. pp. 278-292 E-ISSN: 2614-8013
Abdillah, Masykuri, “Pesantren Dalam Konteks Pendidikan Nasional dan Pengembangan Masyarakat”, dalam Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru, Jakarta: Grasindo, 2002
Abdul Sani, Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta. 2007
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Arifin, M, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2008
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010
Departemen Pendidikan Nasional, KBBI Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2018
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, 1994
Elfachmi, A. K. Pengantar Pendidikan. Bandung: Erlangga, 2016
Fathoni, Haris Makmur, Pendidikan Islam, Jogjakarta, Ircisod, 2010
Husaini, Adian, Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Depok: Komunitas NuuN, 2011
Junaidi, Mahfud, Ilmu Pendidikan Islam: Filsafat dan Pengembangan. Semarang: RaSAIL Media Group, 2010
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Seri INIS XX, 1994
Moleong, J. lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
Mujib, Abdul, Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Mujtahid, Reformulasi Pendidikan Islam, Malang: UIN-MALIKI Press, 2011
Muthohar, Ahmad, Ideologi Pendidikan Pesantren, Semarang: Pustaka Rosda Karya, 2007
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
Samsudin, 2018 Manajemen Pesantren Mahasiswa, Jurnal Al-Fikri, Vol 1, No 2
________ , 2019 Tantangan Lembaga Pesantren di Era Disrupsi, Proceding Conference on Islamic Studies 2019, http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/view/8063
_________, Tradisi Khidmah dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Progress Unwahas, Vo; 10 No.1 (2022)
Sujono Sukanto, Dasar-Dasar Kebijakan Publik dan Analisis Kebijakan. Yogyakarta: Ombak. 2009,
Toha. Miftah, Perilaku Oganisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007
Undang-Undang Pesantren nomor 18 tahun 2019 Bab II pasal 3
Umar, Ahmad Mukhtar, Mu’jam al-Lughah al-Arabiyah al-Mu’ashirah, Kairo: Alamul Kutub, 2008
Yasid, Abu. Paradigma Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: Ircisod. 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.6.2.204-217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.
Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang, Indonesia 50112. Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id.ÂÂ