Pesantrenpreneurship dalam Perspektif Pendidikan Islam

Nurochman Assayyidi, Samsudin Samsudin, Moh Farhan

Abstract


Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam selayaknya mengembangkan diri tidak hanya sebagai pusat pendidikan dan dakwah, tetapi juga sebagai pusat pemberdayaan umat melalui ekonomi dan bisnis. Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur merupakan sebagai salah satu pesantren yang mengintegrasikan gagasan pendidikan Islam dan entrepreneurship melalui pesantrenpreneur. Eksistensi pesantren Sidogiri menarik untuk diteliti, selain bertujuan untuk membangun persepsi bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan yang komprehensif, juga untuk mengungkap bahwa pesantren Sidogiri tidak hanya mengajarkan aspek ubudiyah, namun juga mengajarkan aspek muamalah maliyah kepada para santri. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, serta penelaahan dokumen studi dokumenter yang antara satu dengan yang lain saling melengkapi, memperkuat dan menyempurnakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantrenpreneur yang dikembangkan pesantren Sidogiri berorientasi pada nilai-nilai pendidikan, kewirausahaan dan ketrampilan

Keywords


Pendidikan Islam, Pesantrenpreneur

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.6.2.162-171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang, Indonesia 50112. Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id. 

Â