Analisis Kebutuhan Siswa dan Guru Terhadap Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learnin) pada Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA di Pemalang

Nurkholis Nurkholis, Oktarina Puspita Wardani, Meilan Arsanti

Abstract


Ketersedian model pembelajaran mutlak diperlukan oleh siswa dan guru. Hal tersebut karena dalam model pembelajaran terdapat tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas seperti halnya pada mata pelajaran menulis cerpen SMA kelas XI di Pemalang. Belum adanya model pembelajaran khusus mata pelajaran tersebut melatarbelakangi penelitian R&D ini untuk mengembangkan model pembelajaran yang bermuatan covid-19. Masalah pada penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Instrumen yang digunkan berupa angket untuk mengambil data kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dengan penelitian ini dihasilkan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dengan kebaruan muatan yakni muatan covid-19. Dari hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa siswa dan guru membutuhkan model pembelajaran yang berupa model pembelajaran yang sesuai dengan sintaks model pembelajaran meliputi contructivism, questioning, inquiry, learning comunity, reflection dan authentic assesment.

Full Text:

PDF

References


Arsanti, Meilan. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. Jurnal Kredo Vol. 1 No. 2 April 2018.

Mulyasa, Enco. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat PLP, 2004.

Puspita Wardani, Oktarina. (2012). Pengembangan Perangkat Evaluasi Berdasarkan Taksonomi The Structure Of Observed Learning Outcome (Solo) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Membaca Peserta Didik Kelas X SMA. Srloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SELOKA 1 (2) (2012).

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triantari Widyastuti. Rita. (2012). Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Model Dari Cerpen Ke Cerpen Dan Model Bersafari Pada Siswa Sma. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SELOKA 1 (1) (2012).

Trianto. (2007) Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.