Literasi Numerasi di Era Digital Bagi Pendidik

Endang Herawan

Abstract


Pada abad 21 ini banyak sekali aspek yang tidak dapat dilewatkan, di antaranya pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau information and communication technology (ICT). Oleh karena itu, dalam perkembangan teknologi digital ini perlu disesuaikan dengan kemampuan literasi dan keterampilan berbahasa. Dua kompetensi tersebut merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kegiatan pembelajaran yang masih didominasi oleh model-model konvensional dan pendekatan tekstual mulai harus memanfaatkan media digital secara maksimal (digital-age literacy). Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi pada abad 21 adalah penerapan TIK dalam bidang pendidikan. Hal itu untuk mencapai skill atau keterampilan abad 21 yang dicanangkan oleh World Economic Forum pada tahun 2015 lalu. Konsep literasi digital dapat digunakan sebagai ukuran kualitas kerja peserta didik di lingkungan digital. Selain itu, literasi digital memfasilitasi para ilmuwan dan pengembang sarana komunikasi untuk lebih efektif dalam merancang lingkungan yang lebih berorientasi pengguna.

Full Text:

PDF

References


Anwar Sanusi. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais Vol. I Nomor 1.

Ekowati, Dyah, dkk. (2019). Literasi Numerisasi di SD Muhammadiyah. Elementary School Education Journal. Volume 3 Nomor 3.

Anggraeni, Helena, dkk. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idrah: Jurnal Kependidikan Islam Volume 8 Nomor 2.

Sujana, Asep, Dewi Rachmatin. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, mengapa dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal. Volume 1 Nomor 1.

Afandi, Tulus Junanto, Rachmi Afriani. (2016). Implementasi Digital Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerisasi. Jakarta: Gerakan Literasi Nasional.

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Febliza, Asyti dan Oktariani. 2020. Pengembangan Instrumen Literasi Digital Sekolah Siswa Dan Guru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. 5(1), 1-10.

Inrhandayaningsih, Ana. 2020. Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Anuva. 4 (2), 231-240.

Mcloughlin, Catherine. 2011. What ICT-Related Skills And Capabilities Should Be Considered Central To The Definition Of Digital Literacy?. 471-475.

Nurrizqi, Ade Dwi dan Rhoni Rodin. 2020. Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang. Pustaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. 12(1), 72-89.

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.

Prihartini, Fitria Widi. 2017.Skripsi : Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Kelas Rendah di SDN Punten 1 Batu. Malang : FKIP UMM.

Rusman, D. K. (2014). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. Ta'lim: Jurnal Sudi Pendidikan Islam, 1-19.

Indah Kurnianingsih, N. E. (2017). Prototipe Literasi Informasi Berbasis Web sebagai Upaya Peningkatan Kemampaun Literasi di MAN Insan Cendikia. Edulib, 13-23.

Yuli Anisyah, S. (2018). Revitalisasi Nilai-nilai Al-Qur'an dalam Pendidikan Islam. Islamua: Jurnal Studi Islam, 139-146.

Rahmawati, C. M. (2016). Chinese ways of being good muslim: from the Cheng Hpp Mosque to Islamic education and Media Literacy. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 225-252.

Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies: A Review of Concepts. Journal of Documentation, 1-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.