Pengaruh Film “Jembatan Pensil†Terhadap Altruisme Siswa Dasar (Studi pada Siswa SD Muhammadiyah 10 Balongbendo)

Ria Ayu Cahyaning Pratiwi, Sayidah Auliaul Haque

Abstract


Altruisme adalah tindakan sukarela yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun  (kecuali mungkin perasaan telah melakukan kebaikan) (Sears dkk, 1994). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui sikap altruisme yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar dalam perilaku keseharian di lingkungan sekolah, mengingat anak-anak di era sekarang sangat minim rasa tolong-menolong terhadap temannya. Penelitian tentang ini penting dilakukan mengingat sikap individualis dan bullying yang makin marak di kalangan anak SD.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil temuan menunjukkan bahwa : 1) Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil altruism siswa antara kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran film Jembatan Pensil sebelum perlakuan, 2) Ada perbedaan hasil altruism siswa di kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran film Jembatan Pensil sebelum dan sesudah perlakuan, 3) Ada perbedaan hasil altruisme siswa di kelas yang menggunakan media pembelajaran film Jembatan Pensil sebelum dan sesudah perlakuan, 4) Ada perbedaan yang signifikan hasil altruism siswa antara kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran film Jembatan Pensil setelah perlakuan.

Kata kunci : Altruisme, Film, Siswa Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Asdi mahasatya.

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2003). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Gunarsa, S. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BKK Gunung Mulia.

Gusti, A. Y., & Margaretha P. M. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. 9(3): 56-78.

Hadari Nawawi. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Perss.

Hegarty, Mary. (2004). Commentary dynamic visualizations and learning: getting to the difficult questions. Learning and Instruction. 14, 343-351.

Jarolimek, John. Parker, Walter C. (1993). Social Studies In Elementary Education: Ninth Edition. New York: Macmillan Publishing Company.Marsh, Collin. (1987). Teaching Social Studies. Australia: Prentice Hall.

Magdalena. (2012). Pengaruh Empati terhadap Perilaku Altruisme sesama Pengendara Sepeda Motor. Jurnal Psikologi, 2(7): 120-144.

Sugiyono.(2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung. CV. Alfabeta.

_________(2016). Metode Penelitian Pendidikan: PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta .




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.