Motivasi Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar

Elfrida Khoerunnisa, Gisella Arnis Grafiyana

Abstract


Dewasa ini, banyak berkembangnya Bimbingan Belajar atau sering disingkat dengan nama BimBel. Tujuan dari siswa-siswi mengikuti BimbBel untuk mengembangkan dan merubah prestasi belajarnya ke arah yang lebih baik. Di sisi lain, ada sebagian besar siswa yang berusaha untuk mengembangkan dan merubah prestasinya tanpa mengikuti BimBel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi dan tujuan siswa-siswi generasi Millenial ini untuk mengikuti maupun tidak mengikuti BimBel, kemauan untuk belajar mandiri, dan sejauh mana orang tua berperan menjadi motivasi siswa-siswi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengisian survei terbuka dengan menggunakan google form maupun pengisian langsung. Responden terdiri dari remaja yang berusia 17 tahun dengan jumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, motivasi siswa untuk mengikuti BimBel yaitu untuk lebih membantu memahami materi pembelajaran. Motivasi lainnya yaitu membantu agar dapat diterima di universitas yang diidamkan serta adanya dorongan dari orang tua.

Kata Kunci : Motivasi, Bimbingan Belajar, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Isnaini, J. (2013). Pengambilan keputusan menikah muda. (Skripsi, Tidak Dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muhdi, Kastawi, N., & Widodo, S. (2017). Teknik Pengambilan Keputusan dalam Menentukan Model Manajemen Pendidikan Menengah. Kelola : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4 (2), 135-145.

Rangga, M., & Naomi, P. (2007). Pengaruh Motivasi Diri Terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Paramadina). Jurnal UPI, 1-8.

RPP Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2018, Abad 21.www.rpp-silabus.com(di akses 15 September 2019).

Setiawan Cahaya, K. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana di Divisi Operasi PT. Pusri Palembang. Jurnal Psikologi Islam, 1(2), 43-55.

Slameto.(2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Suherman.Bimbingan Belajar. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195903311986031-SUHERMAN/Bimbingan_Belajar.pdf

Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014).Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang.Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1 (2), 63-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.