Penerapan Intervensi DEPTH (Deep Psych Tapping Technique) dalam Mengembangkan Kebermaknaan Remaja Korban Kekerasan

Dewi Khurun Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan respon pelaksanaan “Terapi DEPTH” dalam meningkatkan kebermaknaan hidup para remaja korban kekerasan Jawa Tengah. Penelitian ini melibatkan 30 responden remaja korban kekerasan di Jawa Tengah. Metodologi penelitian pada kajian ini adalah participatory action research. Metodologi ini merupakan salah satu model penelitian yang mencari sesuatu untuk menghubungkan proses penelitian ke dalam proses perubahan sosial. Perubahan sosial yang dimaksud adalah bagaimana dalam proses pemberdayaan dapat mewujudkan tiga tolak ukur, yakni adanya komitmen bersama dengan masyarakat dan adanya institusi baru dalam masyarakat yang dibangun berdasarkan kebutuhan. Sementara, untuk hasil dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data, data yang sudah terkumpul dibuat dalam matriks, analisisi ini disebut analisis interaktif. Dalam matriks akan disajikan penggalan-penggalan data deskriptif sekitar peristiwa atau pengalaman masyarakat tertentu. Tahapan-tahapan analisisnya berupa pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclutions). Hasil penelitian menunjukkan program terapi deep psych tapping technique (DEPTH) terhadap remaja korban kekerasan di Jawa tengah dapat meningkatkan kebermaknaan hidup subjek penelitian. Subjek penelitian melakukan interaksi sosial dengan baik, sehingga subjek penelitian tetap menjaga hubungan atau kontak sosial, sehingga subjek penelitian merasa tidak sendiri. Kebermaknaan hidup  remaja yang menjadi korban kekerasan semakin berkembang menjadi lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Ali, F. T. D., Imran, S. Y., & Mantali, A. R. Y. (2024). DAMPAK PSIKOLOGIS TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA PELECEHAN SEKSUAL (Studi Wilayah Polsek Mananggu, Kabupaten Boalemo). SINERGI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(5), 325–341.

Ariadi, R. (2024). PENGARUH KEKERASAN TERHADAP KESEHATAN MENTAL DAMPAK JANGKA PANJANG. Circle Archive, 1(4).

Armando, D. (2018). Kekerasan Terhadap Anak di Panti Asuhan (Studi Kasus Panti Asuhan Yayasan Tunas Bangsa Kota Pekanbaru). Universitas Islam Riau.

Atika Sari, R., & Yulianti, A. (2018). Hubungan Mindfullness Dengan Kualitas Hidup Pada Lanjut Usia. Jurnal Psikologi, 13(1), 48. https://doi.org/10.24014/jp.v13i1.2771

Bastaman. (2007). Logoterapi: Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. PT Raja Grafindo Persada.

Budiarto, Y., Dewi, F. I. R., & Hastuti, R. (2020). The family well-being: A dyadic analysis of parent-child relationship quality. Psychological Thought, 13(1), 221–239.

Collin-Vézina, D., De La Sablonnière-Griffin, M., Palmer, A. M., & Milne, L. (2015). A preliminary mapping of individual, relational, and social factors that impede disclosure of childhood sexual abuse. Child Abuse & Neglect, 43, 123–134.

Creswell, J. W. (2010). Qualitative Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc. Ghozali.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (1995). Transforming qualitative research methods: Is it a revolution? Journal of Contemporary Ethnography, 24(3), 349–358.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The Sage handbook of qualitative research. sage.

Finkelhor, D., Shattuck, A., Turner, H. A., & Hamby, S. L. (2014). Trends in children’s exposure to violence, 2003 to 2011. JAMA Pediatrics, 168(6), 540–546.

Fu’ady, M. A. (2011). Dinamika psikologis kekerasan seksual: Sebuah studi fenomenologi. Psikoislamika: Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 8(2).

Griffin, M. P., & Koss, M. P. (2002). (2002). Clinical Screening and Intervention in Cases of Partner Violence. Online Journal of Issues in Nursing. No. 1., Vol. 7(1).

Hague, G., & Mullender, A. (2006). Who listens? The voices of domestic violence survivors in service provision in the United Kingdom. Violence Against Women, 12(6), 568–587.

Harahap, A. F. Z., Aqilasyach, D., Syafawaty, F. A., Zen, F. S., Zuhra, M., Elza, M. P., Zebua, R. A., Siahaan, Q. W., & Fajriawati, F. (2024). Implikasi Kesehatan Mental Akibat Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Bawah Umur. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 2(1), 497–502.

Hidayat, M., & Taufiqurrahman, T. (2021). Dampak psikologis kekerasan seksual pada anak. Coution: Journal of Counseling and Education, 2(1), 1–9.

Joseph, M. C., Satiadarma, M. P., & Koesma, R. E. (2018). Penerapan terapi seni dalam mengurangi kecemasan pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 77–87.

Murwati, A. (2018). PENELITIAN TENTANG KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK: HISTORI REVIEW.

Nofriansyah, M. (2021). Meaning of Life in Elderly Bread Traders. Proceeding Conference on Genuine Psychology, 1, 181–191.

Pahmi, S., Hopipah, R., Saputri, D. A., Dewi, T. P., Yulita, H., & Widowati, A. (2024). Studi Literatur Terhadap Kekerasan di Kalangan Remaja. Jurnal Basicedu, 8(1), 911–920.

PAK, A. (2024). Data Kekerasan Kota Semarang 1 Januari 2024 - 13 Juni 2024. Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Semarang. https://ppt-dp3a.semarangkota.go.id/

Palila, S. (2018). Kebermaknaan hidup individu yang pernah mengalami kekerasan pada masa anak (child abuse). Jurnal Psikologi Integratif, 5(1), 19–31.

Pangaribuan, T. P. I. (2016). Perbedaan Makna Hidup Narapidana Hukuman Seumur Hidup dengan Narapidana Hukuman Sementara Waktu di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Medan. Universitas Medan Area.

Paputungan, F. (2023). Implications of Adolescent Developmental Tasks in Implementation of Education in SMK. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 108–124.

Pranata, D. C. P., & Suryanto, S. (2022). Makna Hidup Pada Narapidana Vonis Seumur Hidup Di Lapas Kelas IIA Banda Aceh. Journal Psikologi Forensik Indonesia, 2(2).

Putri, G. A. (2024). Hubungan Antara Self Awareness Dengan Kecemasan Pada Penderita Bipolar. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 2(2), 153–160.

Putri, L. R., Pembayun, N. I. P., & Qolbiah, C. W. (2024). Dampak Kekerasan Seksual terhadap Perempuan: Sebuah Sistematik Review. Jurnal Psikologi, 1(4), 17.

Rachmawati, M., & Herdiana, I. (2024). KEBERMAKNAAN HIDUP: SEBUAH STUDI KUALITATIF PADA PEREMPUAN DENGAN PENGALAMAN KEKERASAN FISIK DARI SUAMI. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 177–187.

Raisa, R., & Ediati, A. (2017). The Relationship between social support and resilience in inmates in Class IIA Women’s Penitentiary Semarang. Jurnal Empati, 5(3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15398

Rochmah, K. U., & Nuqul, F. L. (2015). Dinamika psikologis anak pelaku kejahatan seksual. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1).

Ryff, C. D. (1989). Happiness Is Everything or Is It? Explorations on the Meaning of Psychological Well‐Being. Journal of Personality and Social Pyschology, 57(1069‐1081).

Sabina, V., & Prameswari, F. (2023). THE CRIME OF RAPE: AN ANALYSIS FROM THE FEMINIST LEGAL THEORY PERSPECTIVE. Journal Equitable, 8(3), 32–49.

Sabrina, R. (2017). Konseling Eksitensial untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup pada Penderita Skizofrenia: Studi Kasus. Seminar ASEAN (2nd Psychology & Humanistic), 19–20.

Saputra, M. A. H. (2023). ANALISIS PERLINDUNGAN SAKSI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 31 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2006 TENTANG PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Sardoč, M. (2022). Making Sense of Radicalization and Violent Extremism: Interviews and Conversations. Routledge.

Sawyer, S. M., Azzopardi, P. S., Wickremarathne, D., & Patton, G. C. (2018). The age of adolescence. The Lancet Child & Adolescent Health, 2(3), 223–228.

Setiani, F. T. S. (2017). STUDI FENOMENOLOGI: DINAMIKA PENGALAMAN TERJADINYA KEKERASAN SEKSUAL DAN DAMPAKNYA PADA ANAK PEREMPUAN DI KABUPATEN WONOSOBO. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta.

Suyanto, B. (2010). Masalah sosial anak. Kencana.

Wong, P. T. P. (2014). Viktor Frankl’s meaning-seeking model and positive psychology. Meaning in Positive and Existential Psychology, 149–184.

Wulandari, F. & G. (2014). Mindfulness based cognitive therapy to improve the self-concept of adolescent with post traumatic stress disorder. Jurnal Intervensi Psikologi. 6(2). 266-275., 6((2)), 266-275.

Wulandari, Y. A., & Saefudin, Y. (2024). DAMPAK PSIKOLOGIS DAN SOSIAL PADA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL: PERSPEKTIF VIKTIMOLOGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 296–302.

Yuda Sinuraya, R. R., & Subroto, M. (2023). Kondisi Psikologis Narapidana Selama Menjalani Hukuman Seumur Hidup. Gema Keadilan, 8(3), 394799.

Yusuf, S. (2009). Child and adolescent developmental psychology. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.42842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.