Predictor Of Academic Buoyancy Factor In Students

Rara Eka Putri, Nurul Aiyuda

Abstract


Academic buoyancy merupakan kemampuan positif yang dimiliki individu untuk menghadapi kemunduran, hambatan, tantangan serta situasi yang buruk dalam kehidupan akademik sehari hari, yakni nilai ujian yang buruk, situasi tidak memahami materi, kegugupan saat menjawab soal tugas dan ujian. Rendah academik buoyancy yang dimiliki oleh mahasiswa akan berdampak pada prestasi akademik, mahasiswa akan malas serta menunda-nunda tugas yang diberikan, sehingga IPK yang didapatkan akan bernilai buruk serta perkuliah akan menjadi lebih lama. kemunduran, hambatan serta kesulitan yang dihadapi mahasiswa dapat muncul dari berbagai sumber yang mempengaruhi prestasi akademiknya, oleh sebab itu penting mengidentifikasi kemampuan mahasiswa untuk mengatasi tantangan dan hambatan akademik yang terjadi di kehidupan sehari-hari agar tetap bertahan dalam proses pembelajaran dan mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana faktor-faktor yang akan mempengaruhi Academic buoyancy mahasiswa untuk mengatasi kemunduran sehari-hari dalam proses pendidikan dikalangan mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan search engine Open Knowledge, Google Scholar, Science Direct, Publis or Perish. Adapun kriteria yang digunakan adalah artikel dengan Bahasa Inggris atau Indonesia yang membahas mengenai topik dan subjek penelitian yang sama serta terpublikasi sejak tahun 2010 sampai 2024. Dalam 10 kajian artikel terpilih menyatakan academic buoyancy berperan dalam mempengaruhi pencapaian akademik mahasiswa. Perolehan temuan ini bahwa yang dapat menjadi prediktor academic buoyancy ialah situasi ketidakstabilan emosi, keyakinan diri dan pengaturan diri yang dimiliki mahasiswa dalam mengatasi tantangan serta kemunduran akademik. Bagi mahasiswa diharapakan memiliki target dan rencana pembelajaran sesuai dengan kemampuan diri.


References


Abdellatif, M. S. (2022). Academic buoyancy of university students and its relationship with academic average in light of some demographic variables. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2361–2370. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i7.7599

Collie, R. J., Martin, A. J., Malmberg, L. E., Hall, J., & Ginns, P. (2015). Academic buoyancy, student’s achievement, and the linking role of control: A cross-lagged analysis of high school students. British Journal of Educational Psychology, 85(1), 113–130. https://doi.org/10.1111/bjep.12066

Dahal, J., Prasad, P. W. C., Maag, A., Alsadoon, A., & Hoe, L. S. (2018). The effect of culture and belief systems on students’ academic buoyancy. Education and Information Technologies, 23(4), 1465–1482. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9672-4

Datu, J. A. D., & Yuen, M. (2018). Predictors and Consequences of Academic Buoyancy: a Review of Literature with Implications for Educational Psychological Research and Practice. Contemporary School Psychology, 22(3), 207–212. https://doi.org/10.1007/s40688-018-0185-y

Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional Pada Pemilihan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Bekerja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377

Hutagalung, J. B., Saija, A. F., & Noija, S. (2022). Academic Buoyancy Mahasiswa Fakultas Kedokteran Ditinjau Berdasarkan Jalur Masuk Perguruan Tinggi Di Universitas Pattimura Ambon. Molucca Medica, 14(20), 91–96. https://doi.org/10.30598/molmed.2021.v14.i2.91

Lesmana, J., & Savitri, J. (2019). Tipe Student Academic Support dan Academic Buoyancy pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(3), 179–200. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i3.2266

Li, X., Duan, S., & Liu, H. (2023). Unveiling the Predictive Effect of Students’ Perceived EFL Teacher Support on Academic Achievement: The Mediating Role of Academic Buoyancy. Sustainability (Switzerland), 15(13). https://doi.org/10.3390/su151310205

Marfuatunnisa, N., & Sandjaja, M. (2023). Stres Akademik pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Indonesia Ditinjau dari Academic Help-seeking dan Resiliensi Akademik. Jurnal Diversita, 9(2), 218–227. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i2.9356

Martin, A. J. (2014). Academic buoyancy and academic outcomes: Towards a further understanding of students with attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), students without ADHD, and academic buoyancy itself. British Journal of Educational Psychology, 84(1), 86–107. https://doi.org/10.1111/bjep.12007

Martin, A. J., Colmar, S. H., Davey, L. A., & Marsh, H. W. (2010). Longitudinal modelling of academic buoyancy and motivation: Do the “5Cs” hold up over time? British Journal of Educational Psychology, 80(3), 473–496. https://doi.org/10.1348/000709910X486376

Mawarni, A., Sugandhi, N. M., Budiman, N., & Thahir, A. (2019). Academic buoyancy of science student in senior high school: Analysis and implications for academic outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1280(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032046

Putwain, D. W., Connors, L., Symes, W., & Douglas-Osborn, E. (2012). Is academic buoyancy anything more than adaptive coping? Anxiety, Stress and Coping, 25(3), 349–358. https://doi.org/10.1080/10615806.2011.582459

Putwain, D. W., & Daly, A. L. (2013). Do clusters of test anxiety and academic buoyancy differentially predict academic performance ? Learning and Individual Differences, 27, 157–162. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.07.010

Putwain, D. W., Daly, A. L., Chamberlain, S., & Sadreddini, S. (2015). Academically buoyant students are less anxious about and perform better in high-stakes examinations. British Journal of Educational Psychology, 85(3), 247–263. https://doi.org/10.1111/bjep.12068

Rameli, M. R. M., & Kosnin, A. M. (2014). Predicting Model of Academic Buoyancy: the Roles of Achievement Goals and Self-Regulation. Universiti Teknologi Malaysia Institutional …. https://core.ac.uk/download/pdf/83531385.pdf

Rustam, M., Rameli, M., Syuhada, N., Alhassora, A., & Mazlan, A. N. (2024). Relationship between Self-regulated Learning with Academic Buoyancy : A Case Study among Malaysia FELDA Secondary School Students. 45(X).

Suhesty, A., & Basuki, Z. (2022a). Penyesuaian Diri dan Efikasi Diri Akademik terhadap Academic Buoyancy Aulia. Jurnal Basicedu, 6(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Suhesty, A., & Basuki, Z. N. (2022b). Penyesuaian Diri dan Efikasi Diri Akademik terhadap Academic Buoyancy. Jurnal Basicedu, 6(3), 5456–5466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2763

Symes, W., Putwain, D. W., & Remedios, R. (2015). The enabling and protective role of academic buoyancy in the appraisal of fear appeals used prior to high stakes examinations. School Psychology International, 36(6), 605–619. https://doi.org/10.1177/0143034315610622

Zhang, F. (2022). A Theoretical Review on the Impact of EFL/ESL Students’ Self-Sabotaging Behaviors on Their Self-Esteem and Academic Engagement. Frontiers in Psychology, 13(May), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.873734




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.42809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.