Relationship Between Parents' Social Support And Students' Learning Motivation At Smkn 4 Purworejo

Nazula Hidayatul Ma'rufa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa sekolah menengah kejuruan. Subjek penelitian ini adalah 483 siswa kelas X dan XI SMKN 4 Purworejo yang berusia  14-16 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Dukungan Sosial Orang Tua (35 aitem, α = 0,914 ) dan Skala Motivasi Belajar (25 aitem, α = 0,806). Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi Spearman-Rho dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,441 dengan p=0,001 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa  ada  hubungan  positif  antara  variabel  dukungan  sosial  orang  tua  dengan  variabel  motivasi belajar pada siswa sekolah menengah pertama. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi motivasi belajar pada siswa sekolah menengah pertama, begitu juga sebaliknya.


Full Text:

PDF

References


Astuti, R., & Prasetyo, A. R. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMP di Kota Semarang. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 112-119.

Azwar, S. (2010). Penyusunan skala psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadillah, A. N. (2016). Pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar siswa SMP di Kota Malang. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(1), 81-88.

Hadi, S., & Faradis, A. A. (2019). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar pada siswa SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 262-269.

Handayani, S. D., & Nuryana, H. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 12(1), 35-48.

Intan Kusumawati, Heris Hendriana, Rippi Maya. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 366-376.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gunung Persada (GP) Press

Izhab, N., Jamaludin, R., & Arifin, Z. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(1), 74-85.

Kurniawan, R., & Wustari, L. H. (2014). Pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176-187.

Novianti, R., & Mashari, A. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 98-107.

Nurhayati, E. (2011). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Subah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Nurhayati, E. (2017). Pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar siswa. PEDAGOGI: Jurnal Isu Pendidikan, 17(2), 47-54.

Putri, A. R., dkk. (2008). Hubungan antara Persepsi terhadap Dukungan Sosial Orangtua dengan Penyesuaian Diri dalam Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/11150/1/JURNAL_AJENG.pdf

Ratna Syifa Masturah, Elvi Andriani Yusuf. (2020). Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 26-32.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). John Wiley & Sons

Sarason, B.R., Pierce, G.R., Sarason, I.G. (1990). Social Support : An Interactional View. New York: John Wile

Smet, Bart. (1994). Psikologi Kesehatan Jakarta:PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, S., Siswanto, B. T., & Rohmat, D. (2023). Analisis motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 7(1), 143-152.

Taylor, J. R. (2012). The mental corpus: How language is represented in the mind. Oxford University Press.

Wahyuni, E. N., & Efendi, M. (2022). Motivasi belajar dan strategi pembelajaran daring dimasa pandemi covid 19. BIORMATIKA, 8(1), 68-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.42782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.