HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN SELF-EFFICACY PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Rohmatun Rohmatun

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empirik hubugan antara pola asuh otoriter dengan efikasi diri pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Penelitian ini mengkorelasikan dua variabel, yaitu variabel pola asuh otoriter dengan variabel Self-efficacy. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala; yaitu skala pola asuh otoriter yang terdiri dari 26 item dengan daya beda berkisar antara 0,314 – 0,649 dengan estimasi reliabilitas sebesar 0,896, dan skala Self-efficacy yang terdiri dari 28 dengan daya beda berkisar antara 0,305 – 0,688 dengan estimasi reliabitas 0,849. Mahasiswa unissula yang sedang menyelesaikan skripsi diambil sebagai populasi dalam penelitian ini, dengan jumlah sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil secara simpel random sampling. Korelasi produck moment digunakan untuk menguji data, dan diperoleh nilai rxy sebesar -0,340 dalam taraf signifikansi 0,000 (p<0,01), yang artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan Self-efficacy, ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Variabel pola asuh otoriter memberikan sumbangan efektif sebesar 11,6% terhadap variabel efikasi diri, 88,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.


Keywords


Pola asuh otoriter; Self-efficacy

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.9.2.1-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat