PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING KELAS VII MTS NU AL ISHLAH BINABARU

Abdul Malik, Muhamad Afandi

Abstract


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan disiplin siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching di kelas VII MTs NU Al-Ishlah Binabaru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII MTs NU Al Ishlah Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 23 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik tes dan non tes digunakan untuk pengumpulan data. Adanya peningkatan disiplin dan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan peningkatan disiplin dari siklus I yaitu 76,93% dengan kategori baik dilanjutkan ke siklus II yaitu 81,51% hal ini menunjukan peningkatanĀ  disiplin sangat baik. Sementara untuk prestasi belajar siswa pada siklus I yaitu 78,26% dan untuk siklus II meningkat 86,96%. Hal ini menunjukan kenaikan dari siklus I ke siklus II. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching meningkatkan disiplin dan prestasi siswa kelas VII MTs NU Al Ishlah Binabaru.

Keywords


Disiplin, Prestasi Belajar, Quantum Teaching dan PAI

References


Afandi, M. (2013). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unissula Press.

-------------- (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press.

Afandi, M. Chamalah, E. & Wardani. O.P. (2013).Model & Metode Pembelajaran di Sekolah.Semarang: UNISSULA Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta:Rineka Cipta

Dariyo, A. (2013). Dasar-Dasar Pedagogik Modern. Jakarta: Indeks.

Daryanto dan Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

De Porter, B. et al. (2007). Quantum Teaching. Mempraktikkan Quantum Teaching di Ruang-ruang Kelas. Bandung : Kaifa. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ZVPZfWWGin4C& oi=fnd&pg=PA249&dq=Quantum+Teaching.+Mempraktikkan+Quan tum+Teaching+di+Ruang- ruang+Kelas.+&ots=8ogbVDFDQl&sig=rLCwtaFlbsSKeqUjICmO89 D_ASs&redir_esc=y#v=onepage&q=Quantum%20Teaching.%20Me mpraktikkan%20Quantum%20Teaching%20di%20Ruang- ruang%20Kelas.&f=false

Elin, R. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung : PT. Karsa Mandiri Persada

Endah Sugiarti (2011) yang berjudul Penerapan quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas VII SLTPN 17 malang http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=50677 (diakses 23 Maret 2015)

Fathurrohman, M dan Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Sukses Offset.

Hidayatullah, M.F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo.

Hirdaus.H, Atiq. A, Eka Supriatna.E. (2014) Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Forehand Permainan Tenis Meja Di SMP, http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6475/6696 (diunduh 15 Mei 2015)

Kemendikbud, (2003) Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk satuan pendidikan SMP & MTs. Jakarta

Kurniasih, I., Sani, B. (2014). PenelitiannTindakannKelas. Jakarta: Kata Pena Mulyasa, E. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter refleksi untuk pendidikan karakter.

Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramadhy, S dan Permadi, D. 2009. Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan? (Metode Baru untuk Mengoptimalkan Fungsi Otak Manusia). Bandung : PT Saraca Panca Karya Nusa

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id