UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) MATA PELAJARAN PKN KELAS V SEMESTER 2 DI SDN PRAWOTO 02 KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2013/2014

M. Dalyono

Abstract


Masalah penelitian ini adalah †Bagaimana cara guru dalam mengupayakan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Mata Pelajaran PKn Kelas V  Semester 2 SDN Prawoto 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013/2014?†Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru dalam mengupayakan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) mata pelajaran PKn kelas V SDN Prawoto 02 Kec. Sukolilo Kab. Pati Tahun Ajaran 2013/2014.  Metode yang digunakan dalam penelitian berupa metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) saat proses KBM. Adapun penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi/Pengamatan dan Refleksi. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VI SDN Prawoto 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Dan sampelnya sejumlah 34 siswa. Tehnik pengambilan data yang penulis gunakan adalah Lembar observasi, Soal tes, Angket/ Kuisioner, dan Wawancara.  Teknik ini cara pengambilan data melalui format observasi, perekaman, wawancara, dokumen foto dan hasil tes jawaban siswa terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.

Hasil Penelitian berupa peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum dilaksanakan tindakan, siklus I, dan siklus II. Sebelum pelaksanaan tindakan, ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebanyak 11 siswa tuntas dengan persentase sebesar 24% dan rata-rata sebesar 67.63. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 75.88 dengan persentase sebesar 75%. Siklus II meningkat lagi menjadi 86.25 dengan persentase sebesar 96%. Angka ini melebihi target yang telah ditetapkan yaitu sebesar 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa target ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85% telah tercapai pada siklus II. Implemtasi dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan keaktifan siswa sangat terkait dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar, PKn, Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.