FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Artikel ini membahas untuk menganalisis fase dan tugas perkembangan pada anak-anak sekolah dasar. Setiap anak memiliki fase dan tugas yang berbeda sesuai dengan kondisi siswa. Berdasarkan penelitan melalui kajian pustaka yang dilakukan,siswa sekolah dasar berada fase kanak-kanak akhir yang memiliki perkembangan dari segi fisik-motorik, kognisi, sosio-emosional, bahasa, dan moral keagamaan. Terdapat beberapa alasan mengapa guru atau calon guru perlu memikirkan fase pengembangan dan siswa sekolah dasar. Melalui pemahaman guru tentang tugas dan fase perkembangan siswa, dapat diantisipasi tentang berbagai upaya pengembangan, baik di sekolah rumah dan masyarakat, selain itu dengan mengetahui fase perkembangan siswa dapat menyesuaikan tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasai siswa dengan fase perkembangannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adriana, Iswah. 2008. Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak Dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3 No 1. http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/229. Diakses tanggal 18 Oktober 2019
Harahap, Nursapia. 2014. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’. Vol 8. No.1.https://media.neliti.com/media/publications/196955-ID-penelitian-kepustakaan.pdf Diakses tanggal 18 Oktober 2019
I nyoman Surna. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
Izzaty, Rita Eka. 2008. Perkembangan Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal Pengabdian Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132206556/pengabdian/perkembangan-anak.pdf. Diakses tanggal 18 Oktober 2019
Latifa, Umi. 2017. Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Jurnal Academica. Vol 1. No.2. https://ejournal.iainsurakarta.ac.id. Diakses tanggal 18 Oktober 2019.
Murni. 2017. Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. Jurnal Ar raniry. Vol 3. No.1. https://jurnal.arraniry.ac.id. Diakses tanggal 18 Oktober 2019
Prayitno, Elida. (2006). Buku Ajar Perkembangan Anak Usia Dini dan SD. Padang: Angkasa Raya
Sumantri, Mulyani. (2014). Modul 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Slavin. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks
Syaodih, Ernawulan. Universitas Pendidikan Indonesia.http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/196510011998022-ERNAWULAN_SYAODIH/PERKEMBANGAN_PESERTA_DIDIK_SD.pdf. Diakses tanggal 18 Oktober 2019.
Trianingsih, Rima. 2016. Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Al Ibtida. Vol 3. No.2. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/880. Diakses tanggal 18 Oktober 2019
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id