Analisis bahan ajar terhadap kebutuhan guru dan peserta didik kelas V

Nur Hidayah, Sumarno Sumarno, Ida Dwijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebutuhan guru dan peserta didik terhadap bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan populasi atau sampel secara random. Teknik pengumpulan datanya adalah metode angket dan analiss. Hasil penelitian menunjukan bahwa seorang guru dalam merancang atau menyusun bahan ajar sangatlah menentukan bahwa bahan ajar yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar masih perlu pengembangan dengan mencermati berbagai aspek, agar bisa membantu peserta didik dalam proses belajar mengajar. Masih sebagian besar guru belum menyusun bahan ajar dengan berbagai faktor yang menyebabkannya. Guru masih harus mengembangkan sesuai dengan kebutuhan dan prinsip-prinsip dalam penyusunan bahan ajar. Sebagian besar peserta didik lebih menyukai bahan ajar yang memiliki banyak gambar dan warna untuk meningkatkan minat dan motivasinya. Peserta didik masih perlu mengembangkan keaktifan, kekreatifan dan kolaborasi dengan temannya melalui bahan ajar yang digunakannya. Dari analisis tersebut maka perlu dilakukan penetilian terhadap kebutuhan bahan ajar yang memfasilitasi peserta didik untuk berfikir tingkat tinggi dengan kompetensi 4C (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, and Communication) yang sesuai dengan pembelajaran abad 21 dengan kaidah-kaidah TPACK yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik.

Keywords


kebutuhan guru, kebutuhan peserta didik, bahan ajar

References


Aggleton, J. (2018). Defining digital comics: a British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189

Azman, F. N., Zaibon, S. B., & Shiratuddin, N. (2014). Exploring digital comics as an edutainment tool: An overview.

Cahyaningtyas, A. P., Ismiyanti, Y., & Salimi, M. (2022). A Multicultural Interactive Digital Book: Promoting Tolerance and Multiculturalism to Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4079–4096. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1595

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Goodbrey, D. M. (2013). Digital comics–new tools and tropes. Studies in Comics, 4(1), 185–197.

Habiddin, H., Ashar, M., Hamdan, A., & Nasir, K. R. (2022). Digital Comic Media for Teaching Secondary School Science. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 16(03), 159–166.

Ismiyanti, Y. (2016). Peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis media visual Di kelas IV SDN 02 temulus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.3.1.1-6

Ismiyanti, Y. (2020). The Effect of Bamboo Dance Learning Model on Interest and Learning Achievement of Social Sciences Class III SDN 2 Temulus. ICIC 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Islamic Civilization, ICIC 2020, 27th August 2020, Semarang, Indonesia, 279.

Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533–543.

Ismiyanti, Y., & Permatasari, N. D. (2021). The effect of pictorial story media on critical thinking of grade 4 SDN 1 Pendem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 118–128. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.2.118-128

Ismiyanti, Y., Prajanti, S. D. W., Utomo, C. B., & Handoyo, E. (2022). Social Capital on the Sustainability of Micro Small and Medium Enterprises for College Students. International Conference on Science, Education, and Technology, 8, 950–957.

Ismiyanti, Y., Prajanti, S. D. W., Utomo, C. B., Handoyo, E., & Cahyaningtyas, A. P. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan berbasis Kemandirian terhadap Keterampilan Berwirausaha. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 420–425.

Kirchoff, J. (2017). Using Digital Comics to Develop Digital Literacy: Fostering Functionally, Critically, and Rhetorically Literate Students. Texas Journal of Literacy Education, 5(2), 117–129.

Lubis, A. H., & Wangid, M. N. (2019). Augmented Reality-Assisted Pictorial Storybook: Media to Enhance Discipline Character of Primary School Students. Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar), 6(1), 11–20.

Nguyen, N.-V., Rigaud, C., & Burie, J.-C. (2018). Digital comics image indexing based on deep learning. Journal of Imaging, 4(7), 89.

Rachmawati, W., & Subagio, F. M. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Koperasi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 253641.

Sukma, R. R., Ismiyanti, Y., & Ulia, N. (2022). Pengaruh Blended Learning dengan model Flipped Classroom berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 142–156.

Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 150–160.

Ulia, N., KD, R. F., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32–47.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.2.128-142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id