Korelasi antara Shalat dengan Prestasi Belajar Matematika

mohamad aminudin

Abstract


Unissula adalah universitas Islam terkemuka dalam  membangun generasi khaira ummah. Salah satu strategi BudAi yang diterapkan di Unissula khususnya FKIP adalah gerakan shalat berjamaah. Salah satu gerakan shalat adalah sujud. Salah satu manfaat sujud adalah menambah kecerdasan. Gerakan sujud yang benar akan memberikan manfaat pada diri seseorang, khususnya mahasiswa. Gerakan sujud akan menambah kemampuan berpikir mahasiswa sehingga akan meningkatkan prestasi belajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan shalat dengan prestasi belajar matematika pada mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Unissula. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Unissula dan sampel yang diambil sebanyak 74 mahasiswa dengan teknik sampling incidental. Variabel pada penelitian ini meliputi variabel independent adalah shalat dan variabel dependent adalah prestasi belajar matematika. Instrumen pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear dengan uji asumsi adalah uji normalitas data.

Hasil penelitian menyatakan bahwa hubungan salat terhadap prestasi belajar matematika masih relative kecil yaitu sebesar 6,8%. Hasil ini memberikan motivasi kepada penulis untuk mengevaluasi strategi pembelajaran yang berorientasi pada optimalisasi gerakan shalat.

 

Kata Kunci: hubungan, Salat, Prestasi Belajar.

References


Anwar, R. 2012. Risalah Bismillah Membangun Generasi Khaira Ummah. Semarang. Unissula Press.

Mudjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali Bowo, dkk. 2008. Budaya Akademik Islami. Semarang. Unissula Press

Anni, C.T, Rifa’i, A., Purwanto, E., dan Purnomo, D. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, D. S. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran (Instructional Design Principles). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.