Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 14 Semarang Melalui Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share

Wiji Eny Ngudi Rahayu

Abstract


Penalaran merupakan kegiatan berpikir khusus dimana terjadi suatu penarika simpulan dari beberapa premis. Penelitian bertujuan menjelaskan tentang upaya meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas X-8 SMA Negeri 14 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam materi pembelajaran sistem Persamaan Linier dan Kuadrat (SPLK) dengan menerapkan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan faktor yang diteliti meliputi kemampuan penalaran siswa sebagai hasil belajar pada materi SPLK. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui metode tes kemampuan penalaran matematis dan observasi proses pembelajaran SSCS. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematis meningkat dari prasiklus 63,33 ke siklus pertama 75,47 dan siklus kedua 80,50. Angka persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari prasiklus 33,33% bertambah 55,56% pada siklus I dan 91,67% pada siklus II. Selama melaksanakan penelitian, diharapkan guru memfasilitasi siswa dalam memberikan scaffolding siswa untuk menyelesaikan masalah matematika melalui Search, Solve, Create, and Share dalam mengembangkan kemampuan penalaran siswa.

Kata kunci: Kemampuan Penalaran, Model SSCS, Sistem Persamaan Linier dan kuadrat

References


Artzt & yalloz. 1999. Mathematical Reasoning during Small-Group Problem Solving dalam Lee V. Stiff dan Frances R. Curcio (edt) Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12, 115-126. Virginia USA: NCTM

Jones. G.A, Thornton, C.A, Langrall, C.W, dan Tarr, J.E. (1999) Understanding Students’ Probabilistic Reasoning. dalam Lee V. Stiff dan Frances R. Curcio (edt) Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12, 146-155. Virginia USA: NCTM.

Ismail (2000). Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Kediri: Universitas Terbuka.

Laboratory Network Program. 1994. Promising Practices in Mathematics and Science Education. Tersedia http://openlibrary.org/works/ OL3583961W/ Promising_ practices_in_mathematics_and_science_education.

Peressini, D. dan Webb, N. 1999. Analyzing Mathematical Reasoning in Students’ Responses across Multiple Performance Assesment Tasks. dalam Lee V. Stiff dan Frances R. Curcio (edt) Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12, 156-174. Virginia USA: NCTM.

Pizzini, E.L dan Shepardson, D.P. 1990. A Comparison of The Classroom Dynamics of a Poblem-solving and traditional laboratory model of instruction using path analysis. Tersedia http://adsabs.harvard.edu/abs/1992JRScT..29...243P, (diakses tanggal 13 Desember 2014)

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.