Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Soal Matematika Materi Statistika

Ayu Maheza Rani, istiqomah istiqomah, Irham Taufiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam memecahkan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam memahami masalah berdasarkan kategori kelompok atas adalah siswa sudah mampu memahami semua soal, dan untuk kategori kelompok tengah dan bawah adalah masih ada siswa yang belum bisa memahami soal. Dalam tahap pembuatan rencana penyelesaian masalah berdasarkan kategori kelompok atas masih ada siswa yang melakukan kesalahan, pada kelompok kategori tengah dan bawah kebanyakan siswa melakukan kesalahan. Kemudian pada tahap melaksanakan rencana berdasarkan 3 kategori, siswa kategori kelompok atas banyak melakukan kesalahan, dan untuk siswa kategori kelompok bawah hampir semua siswa tidak bisa melalaui tahap tersebut. Pada tahap memeriksa kembali jawaban berdasarkan enam subjek siswa, tidak ada siswa yang memeriksa kembali jawabannya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.1.33-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ayu Maheza Rani, istiqomah istiqomah, Irham Taufiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id