Problem-Based Learning: Strategi Pembelajaran untuk Siswa pada Berbagai Level Kemampuan Koneksi Matematis

Sri rejeki, Atina Rahmi Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaaan pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika; (2) perbedaan pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar matematika; (3) pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi penelitian terdiri dari 256 siswa kelas IX SMP N 3 Colomadu dengan sampel sebanyak 64 siswa (2 kelas) yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Kelas pertama merupakan kelas eksperimen dengan penerapan strategi Problem-Based Learning (PBL) dan kelas kedua merupakan kelas kontrol dengan penerapan strategi Inquiry-Based Learning (IBL). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan analisis variansi dua jalan menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, di mana strategi PBL lebih baik daripada strategi IBL; (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara level  kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar matematika, di mana level kemampuan komunikasi matematis tinggi lebih baik daripada sedang dan rendah, serta level kemampuan komunikasi matematis sedang lebih baik daripada rendah;   (3) tidak terdapat  pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar matematika.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.2.112-129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sri rejeki, Atina Rahmi Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id