Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Model TIMSS Konten Bilangan Pada Siswa dengan Kecerdasan Logis-Matematis Tinggi

Muhamad Toyib, Nur Rohman, Sri Sutarni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika model TIMSS pada konten bilangan ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas VIII yang memiliki kecerdasan logis-matematis tinggi, sedang, dan rendah yang diambil menggunakan teknik snowball. Artikel ini khusus menyajikan profil kemampuan pemecahan masalah bagi siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi yaitu Andini Nur Rahmadani dan Sinta Septiana. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan kedua metode tersebut untuk pemeriksaan keabsahan data. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa berkecerdasan logis-matematis tinggi mampu memahami masalah, dalam merencanakan masalah tidak semua mampu membuat rencana yang tepat, mampu melakukan perhitungan sesuai rencana yang disusun, dan sebagian melakukan tahapan memeriksa kembali jawaban.

References


Ahvan, Y. R., Pour, H. Z. 2016. The Correlation of Multiple Intelligences for The Achievements of Secondary Students. Academic Journals. (11)(4). 141-145.

Ersoy, E., Guner, P. 2015. The Place of Problem Solving and Mathematical Thinking in The Mathematical Teaching. The Online Journal of New Horizons in Education. (5)(1). 120-130.

Faizah, F., Sujadi, I., Setiawan, R. 2017. Proses Berpikir Siswa Kelas VII E Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). (1)(1). 15-18.

Islami, M. D., Sunardi, & Slamin. 2018. The Mathematical Connections Process of Junior High School Students with High and Low Logical Mathematical Intelligence in Solving Geometry Problems. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS). (5)(4). 10-18.

Kamsari & Winarso, W. 2018. Implikasi Tingkat Kecerdasan Logika Matematika SIswa Terhadap Pemecahan Masalah Matematika. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. (6)(1). 44-52.

Mahardikawati, E., Mardiyana, & Setiawan, R. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 3013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). (1)(4). 119-128.

Margaret, W. 2011. Using PISA and TIMSS Mathematics Assessments to Identify the Relative Strengths of Students in Western and Asian Countries. Journal of Research in Education Sciences. (1)(56). 67-89.

Muhardi. 2004. Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal Sosial dan Pembangunan. (20)(4). 478-492.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. TIMSS and PIRLS International Study Center, Lynch School of Eduction, Boston College, Chestnut Hill, MA, USA and IEA.

Pane, L. Y., Kamid, Asrial. 2013. Proses Berpikir Logis Siswa Sekolah Dasar Bertipe Kecerdasan logis-matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edu-Sains. (2)(2). 14-21.

Polya, George. 1973. How to Solve It, a New Aspect of Mathematical Method. Princeton New Jersey: Princeton University Press.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanti, V. D. 2018. Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. (3)(1). 71-83.

Yuningsih, R. 2015. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang. Jurnal Pendidikan Usia Dini. (9)(2). 233-250.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.2.63-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

E ISSN: 2656-5544 P ISSN: 2715-7326