Penerapan Model Logan Avenue Problem Solving Heuristik Bernuansa Islami terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Trigonometri

Afifatun Nasekhah, Imam Kusmaryono, Mohamad Aminudin

Abstract


Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristik yang dikombinasikan dengan nuansa islami dapat membantu siswa lebih baik lagi dalam memahami materi trigonometri sebagaimana tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan metode primernya menggunakan metode kualitatif dan sekundernya menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, ketuntasan, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MA Miftahul Ulum Ngemplak antara lain: a) Subjek penelitian tinggi dapat memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis dengan benar dan lengkap, b) Subjek penelitian sedang dapat memenuhi indikator namun masih terdapat kesalahan, c) Subjek penelitian rendah mampu memenuhi indikator tetapi masih banyak melakukan kesalahan. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen mencapai KKM 70 dengan hasil rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 80,76. (3) Rata-rata hasil kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerima pembelajaran LAPS Heuristik Bernuansa Islami lebih tinggi yaitu sebesar 80,76 daripada rata-rata siswa yang menerima pembelajaran direct learning yaitu sebesar 68,26.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.