Keefektifan Pembelajaran Make a Match Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut

Andi Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan garis dan sudut. Indikator keefektifan dalam penelitian ini adalah (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra dapat mencapai batas nilai KKM yaitu 72. (2) hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra dapat mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75%. (3)  rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori berbantuan GeoGebra pada pokok bahasan garis dan sudut. (4) aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji rata-rata satu pihak (uji t pihak kanan), uji proporsi satu pihak (uji z pihak kanan), uji perbedaan dua rata-rata satu pihak (pihak kanan) dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis hasil penelitian, diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra telah mencapai nilai KKM yaitu 72 hal itu dilihat dari nilai . Hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra dapat mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75% hal tersebut dilihat dari nilai . Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Ekspositori berbantuan GeoGebra pada pokok bahasan garis dan sudut hal itu dilihat dari  nilai . Aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengaruh yang ditimbulkan sebesar 72,9%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Make A Match berbantuan GeoGebra efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan garis dan sudut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.