Tahapan Penyelesaian Masalah untuk Mengetahui Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Bi-Discipline

Lukmana Alfian Candra, Dyana Wijayanti, Mochamad Abdul Basir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran bi-discipline yang dapat dilihat pada tahapan penyelesaian masalah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Kayen. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah barisan geometri dan aspek kependudukan pada mata pelajaran matematika serta geografi. Pembelajaran bi-discipline merupakan suatu pembelajaran yang menggabungkan unsur-unsur pada mata pelajaran satu dan lainnya. Penggabungan unsur pembelajaran juga dibahas dalam NCTM (2000) tentang mathematical connection, yaitu mengenali serta menggunkan interkoneksi dalam ide-ide matematika, memahami bagaimana ide-ide matematika saling berhubungan dan saling membangun, serta mengenali dan menerapkan matematika diluar konteks pembelajaran. Dalam penelitian ini, siswa yang mampu mengerjakan soal secara mandiri dengan tiga altetnatif jawaban merupakan siswa dengan kemampuan koneksi matematis yang tinggi. Selain itu, siswa juga memiliki feeling  dalam menyelesaikan soal. Dimana tidak semua siswa mempunyai kemampuan tersebut dalam mengerjakan soal.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.2.2.135-153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Lukmana Alfian Candra, Dyana Wijayanti, Mochamad Abdul Basir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id