Penerapan Teori Situasi Didaktik pada Materi Aritmatika Sosial

Firda Farikhatul Inayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori situasi didaktik pada materi aritmatika sosial SMP kelas VII. Hasil penelitian dengan menggunakan teori situasi didaktik pada pembelajaran matematika menunjukkan bahwa teori situasi didaktik dapat diterima dengan baik oleh siswa, siswa dapat melaksanakan fase-fase yang ada dalam teori situasi didaktik dengan baik. Siswa mampu mengerjakan secara mandiri maupun secara bersama (kelompok). Jawaban yang diberikan siswa pada saat tes dengan menggunakan teori situasi didaktikpun bervariasi. Aktivitas siswa yang selalu meningkat pada saat pembelajaran dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan terakhir yaitu pertemuan ketiga terlihat dari pengamatan aktivitas siswa pada saat pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan teori situasi didaktikpun tergolong baik dibuktikan dari hasil angket siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.2.1.43-57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Firda Farikhatul Inayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id