Keefektifan Islamic Make a Match Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Segiempat

Fany Maulani

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui (1) Apakah penggunaanIslamic make a match based learning dapat meningkatkan pemahaman konsepsiswa mencapai batas tuntas 75 pada materi segiempat, (2) Apakah terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Islamic make a match based learning dan pembelajaran yang menggunakanpembelajaran ekspositori, (3) Apakah adanya pengaruh karakter Islami pada kemampuan pemahaman konsep pada penggunaan Islamic make a match basedlearning.Penelitian ini berjenis kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mujahidin Mluweh Ungaran Tahun Pelajaran 2015/2016. Variabel bebasnya adalah karakter IslamIslamic make a match based learning dan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman konsep. Sampel penelitian ini diambil tiga kelas secara cluster random sampling. Kelas IXB sebagai kelas ujicoba, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Uji yang digunakan one sample T-Test, uji Independent Sample T-Test, dan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan Islamic make a matchbased learning mencapai batas tuntas 75, (2) kemampuan pemahaman konsepmatematika kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. (3) karakter Islami berhubungan linear terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan persamaan regresinya Ì‚= 32,221 + 0,858.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.1.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fany Maulani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id