Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Model Problem Based Learning dengan Contextual Teaching and Learning

Erni Septianawati, Ervin Abdilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan penalaran matematis mahasiswa ditinjau dari model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan tujuan dilakukannya penelitian ini. Pendekatan eksperimen dengan prestest postest control group design digunakan untuk desain penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari program studi pendidikan bahasa arab semester empat tahun ajaran 2019/2020 IAIN Kediri. Teknik pengumpulan data dengan lembar tes tertulis yang selanjutnya dianalisis datanya menggunakan uji t sampel independen (independent sample t-tes). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rerata tes akhir (postest) kelas dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada kelas dengan model pembelajaran CTL. Penelitian lebih lanjut lagi menyatakan bahwa antara penerapan model pembelajaran PBL dengan CTL tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam hal meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Dengan kata lain, bahwa kedua model tersebut sama baiknya untuk diterapkan dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Dahlan, J.A. (2004). Peningkatan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa melakukan melalui pembelajaran realistik. Bandung: Disertasi UPI.

Huda, M., (2011). Cooperative learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Komalasari, K., (2011). Pembelajaran Kontekstual, konsep dan aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.

Lie. A., (2010). Cooperative Learning: mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta : Grasindo.

Nurhadi dan, Senduk, A. G. (2003). Pembelajaran kontekstual/contextual teaching learning (CTL) dan penerapannya dalam KBK. Malang : UM Press.

Robert G. B. (2001). Contextual teaching and learning: preparing students for the new economy. The Hightlight Zone Reasearch @ Work.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung : penerbita alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.2.80-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erni Septianawati, Ervin Abdilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id