Pengembangan Lembar Kerja Siswa SMP Berbasis Filsafat Matematika pada Materi Bangun Ruang Kerucut

Muhammad Nabil Arifin, Dinda Syabillah, Elfisyah Isnaini Raizon, Yunita Prasetyawati, Eka Wahyuni Nur’rohim, Somakim Somakim, Meryansumayeka Meryansumayeka, Zuli Nuraeni

Abstract


Pentingnya pembelajaran materi kerucut ini dikarenakan banyak benda-benda yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut. Dalam proses pembelajarannya dibutuhkan LKS sebagai media yang membantu pembelajaran. Sehingga dibutuhkan pemahaman siswa mengenai materi kerucut tersebut. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk menunjukkan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dan memahami kualitas LKS yang dihasilkan pada materi bangun ruang kerucut di SMP.Metode pengembangan LKS yaitu pengembangan dengan model tessmer yaitu, perliminary, prototype (self review, expert review, one to one, small group, dan field test). LKS ini juga menggunakan tiga aspek utama filsafat sebagai komponen utama dalam pembagian setiap aktivitas yaitu ontologi, epistimologi, dan aksiologi. Adapun jenis data yang diambil data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah LKS yang valid dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Adib, H. M. (2011). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahrum. (2013). Ontologi, Epistemologi, danaksiologi. Jurnal Sulesana. 2 (8)

Harahap, A. V., Simatupang, Z., Susanti, E. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Pokok Eubacteria Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pelita Pendidikan V, 5 (3). pp. 330-338.

Hidayati, N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Topik Energi Dalam Sistem Kehidupan di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 2 (2) pp. 389-399.

Haryono, D. (2014). Filsafat Matematika (Suatu Tinjauan Epistemologi dan Filosofis). Bandung: Alfabeta.

Iqbal, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kotekstual ditinjau dari pemahaman konsep dan disposisi matematis. Doctoral dissertation,Universitas Lampung.

Jalaluddin dan Idi, A. (2007). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kemendikbud. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTS Kelas VII. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud

Marsigit, (2004). Mengembangkan Nilai-nilai Filosofis Matematika dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Global. Dipresentasikan pada Stadium Generale UIN, 24 Desember 2004.

Nurhayani, N. (2012). Konstruksi Pemikiran Filsafat Matematika The Liang Gie dalam Dunia Pendidikan.Skripsi.Tarbiyah dan Keguruan

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan learning trajectory based instruction materi kerucut menggunakan konteks megono gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Ramadianti, W., Syufianah, M., Mahyudi, (2018). Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Berkonteks Bumi Rafflesia. Supremum Journal of Mathematics Education, 1(2), 8-16.

Suriasumantri, J.S. (2015). Ilmu Dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Surmilasari, N. (2012). Pengembangan Lks Matematika Berbasis Perkalian Dua Matriks Di Kelas XII SMA. :978–979.

Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKS pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika.In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 217-225).

Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47-55.

Yeni C.F., d. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 204-2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.2.129-141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Nabil Arifin, Dinda Syabillah, Elfisyah Isnaini Raizon, Yunita Prasetyawati, Eka Wahyuni Nur’rohim, Somakim Somakim, Meryansumayeka Meryansumayeka, Zuli Nuraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id