Integrasi Teori Van Hiele pada LKPD Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Mendukung Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Siswa SMP

Nia Nilamsari, Sri Rejeki

Abstract


Spasial Siswa SMP dan menganalisis kevalidan serta kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis teori van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Mendukung Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pengembangan dalam penelitian ini adalah studi pendahuluan, perencanaan, dan pengembangan lembar kerja, validasi lembar kerja, dan uji kelayakan lembar kerja. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Plupuh di tahun ajaran 2020/2021. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah observasi dan penilaian angket. Validasi lembar kerja oleh dua ahli materi dan satu ahli media, hasil uji kevalidan lembar kerja menunjukkan bahwa lembar kerja dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4. Hasil uji kelayakan berdasarkan angket dari peserta didik menunjukkan skor rata-rata 3.6 dengan kategori sangat layak.

References


Aldoobie, N. (2015). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.

Ayllón, M. F., Gómez, I. A., & Ballesta-Claver, J. (2016). Mathematical thinking and creativity through mathematical problem posing and solving. Journal of Educational Psychology-Propósitos y Representaciones, 4(1), 195-218. http://dx.doi.org/10.20511/pyr2016.v4n1.89

Choirudin, C., Anwar, M. S., Azizah, I. N., Wawan, W., & Wahyudi, A. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kaligrafi dengan Pendekatan Guided Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 52-61.Diezmann, C. M., & Watters, J. J. (2000). Identifying and supporting spatial intelligence in young children. Contemporary Issues in Early Childhood, 1(3), 299-313. https://doi.org/10.2304/ciec.2000.1.3.6

Hermawan, A. E., Lukman, H. S., & Mulyanti, Y. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis komik strip dengan metode guided discovery learning untuk materi perbandingan trigonometri. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 61-71. http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1700

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). an-Nida’ 37(1): 27–35. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.310

Mohler, J. L. (2008). A review of spatial ability research. The Engineering Design Graphics Journal, 72(2). http://gpejournal.org/index.php/EDGJ/article/view/49

Pierre, La, D Sharon, A Robert, and Sharon D La Pierre. (2016). By center for adult learning research. https://doi.org/10.1016/j.jalz.2014.01.001

Prastika, I. Y. (2018). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa Materi Garis dan Sudut dengan Assesment Portofolio dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V II. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 1(2).

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Pujawan, I. G. N., Suryawan, I. P. P, & Prabawati, D. A. A. (2020). The effect of van hiele learning model on students ’ spatial abilities. International Journal of Instruction. 13(3), 461–474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13332a

Rizkiana MS, Shafara, Pupuh, D., & Novi, P. (2019). Kemampuan visual spasial siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang kubus dan balok. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2019. 99-106. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/788

Sari, C. K., Machromah, I. U., & Zakkiyah. (2019). Developing circle module based on van hiele theory. Proceeding of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education. 467(Semantik 2019), 72-77. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.120

Sutama, (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, ptk, mix method, r&d). Sukoharjo. CV Jasmine.

Sutama. (2015). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, ptk & r&d. Sukoharjo. Fairuz Media.

Timmins, A. C. B. (1996). Multiple intelligences: gardner’s theory. Practical Assessment, Research, and Evaluation 5(1996): 10. https://doi.org/10.7275/7251-ea02

Usiskin, Z. (1982). Van hiele levels and achievement in secondary school geometry. CDASSG Project. https://eric.ed.gov/?id=ed220288

Waluyo, E., Sa’dijah, C., & Subanji, S. (2016). Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Memerhatikan Beban Kognitif Siswa Materi Bangun Ruang Sederhana Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2300-2306.

Wenas, J. R., & Sambuaga, O. T. (2017). Hubungan kecerdasan visual-spasial dengan hasil belajar matematika siswa pada materi geometri. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(1), 87-91. http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jsme/article/view/170




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.1.17-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nia Nilamsari, Sri Rejeki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id