Dinamika Perkembangan E-learning dan Tantangannya Dalam Media Pembelajaran
Abstract
Dinamika perkembangan dan kemajuan teknologi telah berimplikasi luas dan salah satunya pada sektor pendidikan. Model pembelajaran electronic learning (e-learning) merupakan implikasi serta terobosan baru dari proses pembelajaran sebelumnya yang bersifat konvensional. Dalam artikel ini penulis menggunakan metode penelitian deksriptif dengan pendekatan dekriptif untuk menganalisa lebih mendalam mengenai konsep serta perkembangan e-learning. Model pembelajaran e-learning dimulai pada tahun 1990 dan mengalami perkembangan yang begitu masif sampai dengan era kontemporer. Pembelajaran e-learning dinilai lebih efektif dari pembelajaran sebelumnya yakni sistem konvensional (tradisional). Proses yang sangat mudah sekaligus dapat di lakukan aksesnya setiap saat menjadikan model pembelajarn e-learning banyak diadopsi oleh beberapa lembaga pendidikan baik di sektor formal dan informal saat ini. Selain itu, beberapa kemanfaatan pembelajaran e-learning juga memiliki sebuah tantangan yakni kesiapan sumber daya manusia serta ketersediaan sarana dan prasarana dalam menunjang keberhasilan dari pengaplikasian model pembelajaran e-learning.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, R., Santosa, P. I., & Ferdiana, R. (2016). Sejarah, Tantangan, dan Faktor Keberhasilan dalam Pengembangan e-Learning. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November.
Almohammadi, K., Hagras, H., Alghazzawi, D., & Aldabbagh, G. (2017). A survey of artificial intelligence techniques employed for adaptive educational systems within e-learning platforms. Journal of Artificial Intelligence and Soft Computing Research, 7(1), 47–64. https://doi.org/10.1515/jaiscr-2017-0004
Anshari, M., Alas, Y., & Guan, L. S. (2015). Pervasive knowledge, social networks, and cloud computing: E-learning 2.0. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 909–921. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1360a
Aparicio, M., Bacao, F., Oliveira, T., Universitario, I., Nova, D. L. I. I., & Lisboa, U. N. De. (2016). An e-Learning Theoretical Framework. 19, 292–307.
Batubara, H. H. (2017). Sebagai Media Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 1–10.
Caputi, V., & Garrido, A. (2015). Student-oriented planning of e-learning contents for Moodle. Journal of Network and Computer Applications, 53, 115–127. https://doi.org/10.1016/j.jnca.2015.04.001
Chang, V. (2016). Review and discussion: E-learning for academia and industry. International Journal of Information Management, 36(3), 476–485. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2015.12.007
Del Barrio-GarcÃa, S., Arquero, J. L., & Romero-FrÃas, E. (2015). Personal learning environments acceptance model: The role of need for cognition, e-learning satisfaction and students’ perceptions. Educational Technology and Society, 18(3), 129–141.
Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning 1 (The Dilemma and the Challenge of. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4, 1–13. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132318574/Dilema dan Tantangan Pembelajaran Elearning ok.pdf
Kosasi, S. (2015). Perancangan E-learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Jurnal Informatika, 0362, 27213. https://doi.org/10.1007/s10619-011-7079-6
Mu’arif, H. A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 195. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.11143
Mutia, I. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses. Faktor Exacta, 6(4), 278–289.
Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531
Setiawan, S. (2017). Studi Kepustakaan. In Gurupendidikan.co.id (p. 1). gurupendidikan.co.id/Stud- Kepustakaan-Pengertian-Tujuan-Peranan-Sumber-Strategi/
Suharyanto, & Mailangkay, adele B. L. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3, 17–21. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2016.02.001
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.110-124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mohamad Sukarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id