Pengembangan Media Pembelajaran Faktorisasi Prima Berbasis Android di Kelas IV Sekolah Dasar

Suwandi Suwandi, Sri Utaminingsih, Eko Darmanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android serta menguji keefektifannya. Penelitian ini pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dikombinasikan dengan metode Software Development Life Cycle. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan  analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android dengan tampilan berupa visual, gambar, suara dan video. Tampilan dalam media faktorisasi prima  berbasis android adalah ikon, pembuka / layar utama, materi, penjelas, latihan dan ulangan.

References


Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis

android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1),

-27. VOL. 3, NO. 1, OKTOBER, 2017. ISSN: 2476-970

Camacho, ACLF, Fuly, PSC, Santos, MLSC & Menezes,HF . (2020). Students in

social vulnerability in distance education disciplines in times of COVID-19.

Research, Society and Development, 9(7):1-12, e275973979.

Dwanoko, Y. S. (2016). Implementasi Software Development Life Cycle (SDLC)

Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak. Jurnal Teknologi

Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi, 7(2), 143003.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada

Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal

Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran

dan Pembelajaran, 6(2), 165-175. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Virtual laboratory to

improve students' problem-solving skills on electricity concept. Jurnal

Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 257-264.

Lee, Wei-Meng. (2011). Begining Android Application Development.

Indianapolis:Wiley Publishing,Inc

Lidyawati, N., Pramita, S., Mardiani, M., & Farisi, A. Aplikasi Pembelajaran

Faktorisasi Prima Bilangan Bulat Positif dengan Pohon Faktor Berbasis

Android. (http://eprints.mdp.ac.id/1367/

Nazarudin S.H. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC

Berbasis Android. Informatika. Bandung

Nunuk, Setiawan, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan

Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R.

S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses

Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education,

Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Rahmawati, R., & Putri, E. M. I. (2020, June). Learning From Home dalam

Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar

Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 17-24).

Sanaky. 2015. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.1.3-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suwandi Suwandi, Sri Utaminingsih, Eko Darmanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id