Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent (FD)

Mimin Ulyawati

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu dari lima kemampuan dasar matematika yang harus dikuasai siswa. Akan tetapi kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah.  Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa SMA dengan gaya kognitif field dependent. Pengambilan data penelitian melalui tes dan wawancara dilakukan 2 kali yaitu pada tes tahap1 dan tes tahap 2. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Berdasarkan  hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal cerita mampu memahami gagasan matematis, mengungkapkan gagasan matematis, dan menggunakan pendekatan bahasa matematika, tetapi kurang mampu dalam menggunakan representasi matematika, dan menafsirkan informasi matematis.

References


Achir, Y. S., Usodo, B., & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 78-87.

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Hartati, Y. N. (2016). Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Matematika, 6(2), 119-125.

Lianasari, R. P. (2017). Proses Probability Thinking Siswa Dalam Pemecahan Masalah Probabilitas Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Miles, M, B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru). (T.R. Rohidi, Penerj.) Jakarta: UI Press.

Nurmalia, I., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMK. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 105-111.

Parman, K. A. 2013. Mathematical Communication Skills of Junior Secondary School Student in Coastal Area. Jurnal Teknologi, Vol.63 (2).

Persada, A. R. (2014). Pengaruh pendekatan problem posing terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Pratiwi, D. D. (2015). Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah matematika sesuai dengan gaya kognitif dan gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131-142.

Sasongko, D. F., & Siswono, T. Y. E. (2013). Kreativitas Siswa dalam Pengajuan Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field-Independent dan Field-Dependent. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 01-08.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2012). Proses Berpikir Matematik: Apa dan Mengapa Dikembangkan. Dalam Sumarmo, U. (Editor). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA UPI, tahun 2013 hlm. 435-493

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1 (1).

Witkin, H. A., Moore, C., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1997). Field dependent ang Field independent Cognitive Style and Their Education Implication. Review of Education Research, 47, 1-64.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.125-135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mimin Ulyawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id