HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP TINGKAT KEPEDULIAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ORANG TUA ANAK TUNA DAKSA DI YPAC KOTA SEMARANG

Lutfiah Karenina Gani, Musri Amurwaningsih, Benni Benyamin

Abstract


Peranan orang tua memiliki signifikansi yang besar dalam pengembangan kesehatan, khususnya dalam konteks kesehatan gigi dan mulut. Kepedulian orangtua menjadi indikator penting dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak. Kepedulian terkait kesehatan gigi dan mulut yang terus dilakukan akan berkembang menjadi suatu habits dan dapat memperbaiki kualitas kesehatan gigi dan mulut.

Metode Rancangan penelitian ini adalah cross sectional dengan populasi 60 orang. Penelitian dilakukan dengan pemberian kuisioner tingkat pengetahuan dan tingkat kepedulian pada anak tuna daksa. Uji SPSS yang dilakukan adalah uji spearman.

Hasil Uji spearman mendapatkan hasil signifikan terkait Hubungan tingkat pengetahuan orang tua anak tuna daksa YPAC terhadap tingkat kepedulian orang tua anak tuna daksa YPAC.Kesimpulan dari penelitian ini Hubungan tingkat pengetahuan orang tua anak tuna daksa YPAC terhadap tingkat kepedulian orang tua anak tuna daksa YPAC mendapatkan hasil signifikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/medali.6.1.52-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.