Optimalisasi Instagram @Siapdarling Sebagai Media Komunikasi Sosial Pembangunan Untuk Mengkampanyekan Generasi Muda Sadar Lingkungan

Fitria Safiratun Nabilah, Jessica Wiguna, Novreza Malafitri, Saifuddin Zuhri

Abstract


Di era globalisasi ini Kepedulian terhadap isu lingkungan saat ini masih sering diabaikan oleh generasi muda. Bahkan  survei yang dilakukan oleh Change.org hasilnya menunjukkan bahwa generasi muda masih sedikit yang peduli terhadap isu lingkungan yakni hanya sebesar 10 %. Oleh sebab itu diperlukan adanya aksi nyata untuk menyadarkan generasi millenials agar peduli terhadap lingkungan. Siap Darling merupakan sebuah gerakan peduli lingkungan yang diprakarsai oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui sosial media. Gerakan ini mengajak generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara menyebarkan konten-konten positif di social media mengenai isu lingkungan dan tentang kegiatan mencintai lingkungan dan bumi. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ingin menganalisis bagaimana pemanfaatan isntagram yang dilakukan oleh @siapdarling dalam upaya mengkampanyekan generasi muda sadar lingkungan. Penelitian ini berfokus pada optimalisasi pemanfaatan instagram sebagai media  Komunikasi Sosial Pembangunan Untuk Mengkampanyekan Generasi Muda Sadar Lingkungan #Siapdarling. Adapun metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Pendekatan analisis isi  digunakan untuk menganalisis konten pesan secara mendalam pada akun instagram @siapdarling mengenai edukasi kepedulian terhadap lingkungan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah postingan instagram yang telah diunggah dalam media sosial @siapdarling mengenai topik - topik edukasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Instagram sebagai media sosial mampu menjadi media komunikasi pembangunan untuk mengoptimalisasikan gerakan kampanye generasi muda sadar lingkungan.

Keywords


Media Sosial, Instagram, Siapdarling, Lingkungan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku Online

Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9).

Drisko, J. W., & Maschi, T. (2016). Content Analysis. New York: Oxford University Press.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook. Jakarta: Media Kita.

e-PDF

Nugroho, W. S., Ismail, I., & Hariz, A. R. (2018). Korelasi Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pemanasan Global Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Sekitar. Al-Hayat: Journal of Biology and Applied Biology, 1(1), 13-17.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Janitra, P. A. (2020). Strategi aktivisme digital di Indonesia: aksesibilitas, visibilitas, popularitas dan ekosistem aktivisme. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 123-144.

Pawaka, D., & Choiriyati, W. (2020). Analisis Resepsi Followers Milenial@ indonesiafeminis dalam Memaknai Konten Literasi Feminisme. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 70-86.

Artikel Berita Online

Watters Romey. (2020) “Digital Activism: The Good, the Bad, the Future†Available in: https://had-int.org/blog/digital-activism-the-good-the-bad-the-future/ (Diakses pada 25 September 2021, 18:30 WIB)

Yunwardhana, Emir. (2021) “Prediksi Jakarta Bakal Tenggelam Menguat, 2030 Bisa Kejadian!â€. Available in: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210820125338-4-269920/prediksi-jakarta-bakal-tenggelam-menguat-2030-bisa-kejadian(Diakses pada 25 September 2021, 12:20 WIB)

https://databoks.katadata.co.id/ (Diakses pada 25 September 2021, 09:50 WIB)

https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia(Diakses pada 25 September 2021, 10:00 WIB)

https://siapdarling.id/ (Diakses pada 24 September 2021, 18:00 WIB)

Kompas.com. (2019) “Indonesia dan Negara Ini Terancam Tenggelam pada 2050†Available in: https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/04/132059565/indonesia-dan-negara-ini-terancam-tenggelam-pada-2050(Diakses pada 25 September 2021, 11:22 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v10i1.18511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â