Vol 49, No 124 (2011)

Jurnal Majalah Ilmiah Sultan Agung, Juli 2011 (Edisi Khusus FKG)

Merokok merupakan faktor resiko terjadinya beberapa jenis penyakit, baik lokal maupun sistemik. Tar, nikotin, dan karbonmonoksida merupakan tiga macam bahan kimia yang paling berbahaya dalam asap rokok. Berbagai penelitian terdahulu membuktikan adanya pengaruh rokok terhadap kesehatan gigi dan rongga mulut. Tujuan penulisan studi pustaka ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh rokok terhadap gigi, jaringan periodontal, dan jaringan lunak rongga mulut, serta proses terjadinya kelainan dalam rongga mulut akibat merokok.

Efek lokal merokok terhadap gigi dan rongga mulut antara lain menyebabkan terjadinya radang gusi, penyakit periodontal, karies akar, alveolar bone loss, tooth loss, serta berhubungan dengan munculnya lesi-lesi khas pada jaringan lunak rongga mulut. Sebagai dokter gigi, kita hendaknya dapat mengambil peranan penting dalam mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk menghindari rokok, dengan memberikan gambaran tentang berbagai bahaya merokok, terutama yang berhubungan dengan kelainan gigi dan rongga mulut 

Topik di atas dengan Judul “Pengaruh Merokok Terhadap Kesehatan Gigi Dan Rongga Mulutâ€, disamping topik menarik lainnya.

Semoga majalah ini dapat memberikan manfaat serta menambah pengetahuan dan wawasan pembaca.

Table of Contents

Articles

Grahita Aditya
PDF
1-11
Andina Rizkia Putri Kusuma
PDF
12-19
Rizki Amalina
PDF
36-49
Sandy Christiono
PDF
50-58
Uswatun Nisaa’ Arum Darjono
PDF
59-68