Vol 52, No 133 (2014)

Jurnal Majalah Ilmiah Sultan Agung, Mei - Agustus 2014

Pedoman nasional yang ada saat ini merekomendasikan bahwa 100% ibu nifas menerima kapsul vitamin A dosis tinggi 200.000 SI paling lambat 30 hari setelah melahirkan. Di Kabupaten Agam cakupan pemberian vitamin A tahun 2011 tercatat  82,51 % dan di wilayah kerja puskesmas IV Koto tercatat cakupan pemberian vitamin A pada ibu nifas adalah 78,47 %, sedangkan harapan pemberian kapsul vitamin A pada ibu nifas adalah 100%. Survey awal yang dilakukan pada 5 orang ibu nifas, 2 orang tidak memahami manfaat kapsul vitamin A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pengetahuan ibu nifas tentang vitamin A dengan konsumsi vitamin A.

Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan crooss sectional, di wilayah puskesmas IV Koto, dilaksanakan  pada bulan Maret sampai Mei 2012. Populasi ibu nifas yang berjumlah 65 orang dengan sampel seluruh populasi (total sampling) Pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner, dan pengolahan data dengan sistem  komputerisasi, analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan dari 16 ibu nifas yang memiliki pengetahuan kurang baik tentang vitamin A sebagian besar tidak lengkap mengkonsumsi vitamin A, yaitu 13 ibu nifas (81,3%). Sedangkan dari 49 ibu nifas yang memiliki pengetahuan baik tentang vitamin A hampir keseluruhannya lengkap mengkonsumsi vitamin A, yaitu sebanyak 47 ibu nifas (95,9%). Berdasarkan uji chi-square didapat p value 0,001 (p < 0,05)

Agar konsumsi vitamin A pada ibu nifas terpenuhi secara lengkap diharapkan kepada tenaga kesehatan dapat lebih memberikan informasi mengenai pentingnya mengkonsumsi Vitamin A.

Table of Contents

Articles

Lusiana - El Sinta B, Is - Susiloningtyas
PDF
29-39