EFEKTIVITAS TRAINING EFIKASI DIRI PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN TERHADAP INTAKE CAIRAN

Dwi Retno Sulistyaningsih

Abstract


Latar belakang Masalah  umum yang banyak  dialami oleh pasien yang menjalani hemodialisis adalah  ketidakpatuhan terhadap regimen terapiutik.  Ketidakpatuhan  ditemukan pada semua aspek akan tetapi ketidakpatuhan terhadap pembatasan intake cairan adalah aspek yang paling sulit untuk sebagian besar pasien. Di salah satu rumah sakit di Jakarta masih banyak pasien yang tidak patuh terhadap intake cairan.

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas training efikasi diri dalam meningkatkan kepatuhan terhadap intake cairan. Metode penelitian adalah merupakan penelitian experimen, menggunakan desain  quasi experiment dengan rancangan pretest-posttets, jumlah sampel 10 orang. Analisis statistik menggunakan t test.

Hasil penelitian menunjukkan nilai p adalah 0,008 ( < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa training efikasi diri efektif untuk meningkatkan kepatuhan terhadap intake cairan pada pasien penyakit ginjal kronik.

Keyword : training efikasi diri, kepatuhan, intake cairan, penyakit ginjal kronik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.