Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Kematangan Bawahan terhadap Efektifitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah

- Nuridin, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana factor-faktor berikut memberi pengaruh terhadap efektifitas gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMP Swasta di Kota Semarang yaitu (1) Kemampuan Manajerial dan (2) Kematangan Bawahan

Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang dipilih secara random sampling dari populasi sejumlah 120 orangCara pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket atau kuesioner, sedangkan analisis datanya dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda (Multiple Regression Analysis) dengan bantuan program perangkat lunak SPSS versi 10.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) sebanyak 11 orang (36,6) menyatakan kurang baik; 6 orang (19,9%) menyatakan cukup baik; 9 orang (30%) menyatakan baik; dan 4 orang (13,2%) menyatakan sangat baik dalam hal kemampuan manajerialnya. (2) sebanyak 7 orang (23,3%) menyatakan kurang baik; 7 orang (23,3) menyatakan cukup baik, 6 orang (19,9%) menyatakan baik, dan 10 orang  (33,2%) menyatakan sangat baik dalam hal kematangan bawahan. (3) menyatakan cukup sebanyak 9 orang (30,1) menyatakan baik dan 8 orang (26,5%) menyatakan sangat baik dalam hal efektifitas gaya kepemimpinannya. Hasil uji hipotesis menjelaskan (1) ada pengaruh kemampuan manajerial terhadap efektifitas gaya kepemimpinan kepala sekolah, (2) ada pengaruh kematangan bawahan terhadap efektifitas gaya kepemimpinan kepala askeolah, (3) ada pengaruh kemampuan manajerial dan kematangan bawahan secara bersama-sama terhadap efektifitas gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat diterima.

 

Kata Kunci: Kemampuan Manajerial, Kamatangan Bawahan dan Efektivitas Gaya Kepemimpinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.