PENGELOLAAN PANKREATITIS KALSIFIKASI KRONIS DENGAN HASIL PATOLOGI ANATOMI ADENOKARSINOMA PANKREAS

Achmad Fuadi

Abstract


Latar Belakang : Pankreatitis kronis merupakan suatu penyakit inflamasi pada pankreas yang ditandai dengan fibrosis pankreas yang persisten dan progresif  serta menimbulkan kerusakan jaringan eksokrin dan endokrin. Pankreatitis kronis merupakan salah satu faktor resiko terjadinya karsinoma pankreas. Adenokarsinoma pankreas terjadi pada 1 per 10,000 penduduk Amerika. Umumnya penderita pankreatitis kronis mengeluh nyeri abdomen di epigastrium yang terus menerus yang dijalarkan ke punggung, mual, nafsu makan berkurang, berat badan menurun dan malnutrisi. Pengelolaan penderita pankreatitis kronis dapat secara konservatif maupun pembedahan berupa drainase dan reseksi pankreas.

Tujuan : Mengupas kasus yang jarang terjadi yaitu pankreatitis kalsifikasi kronis dengan hasil patologi anatomi adenokarsinoma pankreas (1,8% dari pasien pankreatitis yang diamati lebih dari 2 tahun setelah terdiagnosis), beserta pengelolaan yang dilakukan.

Metode : Melaporkan kasus yang dimulai dari identitas pasien, anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, danprosedur operasi yang dilakukan.

Hasil : Seorang laki-laki, umur 38 tahun dengan keluhn nyeri ulu hati yang terus menerus selama 2 bulan, menyebar ke punggung, mual, muntah, dan berat badan menurun. Pemeriksaan fisik tampak penderita malnutrisi, di ulu hati  teraba massa keras berbenjol-benjol dan  nyeri tekan. Alfa amilase 175 U/L dan lipase 219 U/L , foto polos abdomen, USG dan CT scan menunjukkan adanya batu pada saluran pankreas dan pankreatitis kronik . Tindakan yang dipilih adalah prosedur drainase pankreas yaitu operasi prosedur Peustow (longitudinal pancreaticojejunostomy) dan biopsi menunjukkan adenokarsinoma pankreas.

Simpulan : Prosedur Peustow (longitudinal pancreaticojejunostomy) baik digunakan dalam mengelola pasien dengan pankreatitis kalsifikasi kronis, tetapi dengan hasil patologi anatomi adenokarsinoma tindakan sebaiknya adalah total pankreatectomi.

Kata kunci : Pankreatitis kalsifikasi kronis, prosedur Peustow, longitudinal pancreaticojejunostomy, total pankreatectomi, adenokarsinoma pankreas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.