IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADIS DI SMP ISPAM AL BISYRI SEMARANG

Rohman Rohman, Ali Bowo Tjahjono

Abstract


Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) yaitu penelitian kualitatif yang mengambil langsung data dan informasi berlatar belakang SMP Islam Al Bisyri Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan sekunder. Data primer dperoleh dari kepala sekolah dan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dari pihak tata usaha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data dan memverifikasi data yang telah di dapat
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meliputi: 1) Perencanaan metode drill di SMP Islam Al Bisyri sudah berjalan dengan baik karena guru telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar, 2) Pelaksanaan metode drill berjalan dengan biak dan sesuai dengan RPP yang telah disusun, 3) Evaluasi metode drill dapat dikatakan sudah baik karena dengan menerapkan metode drill dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melatih bacaan dan hafalan Al-Qur’an sesuai kaidahnya secara baik dan benar..

Kata kunci : Implementasi metode drill, pelajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.