Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Smp Islam Tanwirul Hija Sayung Demak

Lutfi Khakim, Ali Bowo Tjahjono, Toha Makhsun

Abstract


Pendidikan merupakan suatu pengarahan dan bimbingan yang diberikan kepada peserta didik dalam proses pertumbuhannya. Sedangkan belajar mengajar merupakan suatu proses yang dilaksanakan secara sadar dan memiliki tujuan. Tujuannya adalah sebagai pedoman ke arah mana akan dibawa proses belajar mengajar tersebut. Proses belajar mengajar akan berhasil apabila hasilnya dapat membawa perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan nilai-nilai sikap dalam diri peserta didik. Dalam hal ini menarik untuk dibahas, dengan judul “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di SMP Islam
Tanwirul Hija Sayung Demak.†Tujuan Penelian ini adalah Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di SMP Islam Tanwirul Hija Sayung Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Penelitian menggunakan kehidupan yang nyata sebagai tempat kajian. Berbeda
dengan jenis penelitian laboratorium yang menitik beratkan tempat kajian di dalam laboratorium. Kajian lapangan merupakan penelitian yang memiliki sifat non eksperimental, sedangkan eksperimen lapangan ialah penelitian lapangan yang bersifat eksperimental. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Al-Qur’an hadis di SMP Islam Tanwirul Hija Sayung Demak sudah berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan apa yang sudah diinginkan.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Al-Qur’an Hadis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.