Korelasi Kurikulum Pondok Pesantren DARUSSALAM Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di MA SHOLAHUDDIN

Mohammad Nurul Huda

Abstract


Penyelenggaraan pola pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren di Madrasah Aliyah Sholahuddin Kerangkulon Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, menjadi alasan peneliti mengambil judul “Korelasi Kurikulum Pondok Pesantren Darussalam Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Sholahuddin Kerangkulon Wonosalam Demak Tahun 2019†dengan harapan kajian ini dapat dipakai bahan pemikiran untuk mengembangkan pola Korelasi Kurikulum Madrasah Dan Pondok Pesantren dalam keberhasilan penyampaian Pendidikan Agama Islam dan penanaman Akhlakul Karimah di lembaga pendidikan tersebut. Jenis penelitian yang dimaksudkan disini adalah jenis penelitian
lapangan (Field Research). Yang dimaksud dengan jenis penelitian lapangan ialah penelitian yang dilakukan di lapangan (kancah) atau di medan terjadinya gejala-gejala, tidak berdasarkan
literatur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dari perhitungan dapat diketahui bahwa Korelasi Kurikulum Pondok Pesantren serta Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Agama Islam di MA Sholahuddin karena dari hasil perhitungan menunjukan bahwa anak
pesantren yang sekolah di MA Sholahuddin itu nilainya bagus dibuktikan dengan hasil perhitungan positif, ini menunjukan bahwa ada korelasi positif antara kurikulum pondok pesantren terhadap mata pelajaran PAI di MA Sholahuddin
Kata Kunci: Korelasi, Madrasah, Prestasi, peneltian, kuantitatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.