ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TIPE KOLB PADA MATERI BILANGAN BULAT

Nanda Iftinan, Hevy Risqi Maharani, Nila Ubaidah

Abstract


Perbedaan gaya berpikir setiap individu satu dengan setiap individu lain mempunyai perbedaan. Gaya berpikir menjadi fokus masalah untuk menjadi perhatian adalah bagaimana cara setiap siswa dalam belajar, dengan adanya pemahaman gaya belajar yang digunakan diharapkan
kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan berdasarkan gaya belajar masing-masing siswa. Penelitian memiliki tujuan dalam analisis kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari gaya belajar tipe Kolb pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Objek
yang digunakan merupakan siswa kelas VII SMP N 1 Tukdana Indramayu dan subjek dalam penelitian ini adalah dua orang yang mewakili tipe gaya belajar model kolb. Metode yang digunakan adalah penelitian eksploratif. Hasil penelitian menunjukan berpikir kritis siswa dilihat dari tipe belajar Diverger, .Assimilator, Coverger, dan Accomodator memiliki karakterisktik yang berbeda dalam menganalisis soal, menemukan jawaban, simpulan, istilah dan alternatif lain. Perlu adanya pengembangan metode untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada masing-masing tipe gaya belajar kolb.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Gaya Belajar, Kolb

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.