Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Dampak Negatif Internet bagi Peserta Didik di SMP Plus Latansa Demak Tahun Ajaran 2019/2020

Muhammad Alfin Nur Hidayat, Susiyanto Susiyanto, Sarjuni Sarjuni

Abstract


perkembangan internet tidak bisa dipungkiri berdampak besar dalam berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Namun dampak buruk yang menyertainya juga tidak bisa dipandang sebelah mata, terutama oleh peserta didik yang belum terlalu bisa menyaring dampak-dampak negatif yang ditimbulkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif internet bagi peserta didik, peran apa saja yang dilakukan guru PAI dan kendala yang dihadapi dalam mengatasi pengaruh negatif internet tersebut di SMP Plus Latansa Demak.Terlebih lagi guru PAI SMP Plus Latansa Demak adalah seorang guru yang mempunyai perhatian khusus mengenai dampak negatif yang ditimbulkan internet tersebut. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif sehingga teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan (verifikasi) dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah melakukan berbagai upaya dalam menghadapi pengaruh negatif internet dengan baik, yakni  memberi pengajaran dan pengenalan pemanfaatan internet, membatasi penggunaan internet dan melarang penggunaan ponsel di sekolah, memberi petuah dan nasihat keislaman pada saat mengajar, membiasakan anak didik untuk sholat berjama’ah, dan Memberi bimbingan serta hukuman pada peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah yang mencakup tentang penggunaan internet. Dari  upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI tersebut dapat dikategorikan bahwa peran-peran yang dilakukan guru PAI adalah sebagai pemandu, penasihat, dan teladan.

            Kata kunci: Peran, guru PAI, dampak negatif internet, peserta didik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.