PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN ONLINE SEBAGAI ALTERNATIF AKIBAT ADANYA COVID 19 DI SD DAQU SCHOOL SEMARANG

Nuzulul Hikmah, Toha Makhsun

Abstract


Adanya pandemi Covid 19 menyebabkan segala aktivitas dianjurkan untuk dilakukan dirumah saja. Hal ini juga dirasakan oleh penghafal al-Qur’an yang wajib menghafal sebagai upaya untuk menjaga kemurnian al-Qur’an. Maka,  perlu adanya pengelolaan agar tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat adanya Covid 19 di SD DaQu School Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat adanya Covid 19 di SD DaQu School Semarang telah berjalan dengan baik. Perencanaan program telah dirumuskan tujuan, waktu, metode, dan langkah-langkah/sistem pembelajaran. Pelaksanaan program tersebut melibatkan tiga pihak (tim tahfizh): kepala sekolah (pengawas), koordinator tahfizh (penanggungjawab), dan guru tahfizh (pelaksana). Pembelajaran tahfizh al-Qur’an online meliputi setoran hafalan baru dan murajaah dengan metode fardi atau individu melalui Video Call (VC) pada aplikasi Whatsapp (WA) yang dilaksanakan 3 kali dalam 1 minggu pada jam pagi (07.00-09.00) dan jam siang (12.30-14.00) sesuai jadwal yang ditentukan. dan evaluasi yang digunakan: evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti lebih dalam lagi terkait strategi/upaya dalam mengatasi pandemi Covid 19 agar program tahfizh al-Qur’an tetap berjalan.

Kata Kunci: Pengelolaan, Program, Tahfizh Al-Qur’an Online, Alternatif, Covid 19


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. S. (2015). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur'an. Solo: Aqwam.

Ambarita, A. (2016). Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa: badan bahasa.kemdikbud.go.id (2015, Juni 2)

Hidayah, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Mencapai Target Hafalan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.

Humas. (2020). Mendikbud Terbitkan SE Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan saat Covid 19.

Khusen, M. (2018). Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di MI Istiqomah Sambas Purbalingga.

Selegi, S. F. (2017). Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Geografi. jurnal.univpgri-Paembang.ac.id, 189-190.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutanto, R. (Penyunt.). (2020, Juli 4). Tahsin. Diambil kembali dari Wikipedia: https://id.m.wikipedia.org

Tahfidz Online: https://tahfidzonline.com (2020)

Taufik, M. (2004). Praktik Manajemen Berbasis Al-Qur'an . Jakarta: Gema Insani Press.

Wasyik, T. (2020). Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19 Di Sanggar Tahfidz Enterpreneur Krian Sidoarjo. Journal of Islamic Religious Education.

Widoyoko, E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wikipedia (2020)

Zen, A. M. (2013). Tahfizh Al-Qur'an Metode Lauhun. Jakarta: Trans Pusaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.