EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PAI MATERI HAJI di SMPN 3 DEMPET DEMAK JAWA TENGAH

Muhammad Said Hidayatulloh

Abstract


Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan,dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran.Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, sehingga hal ini diprediksikan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektifitas penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi haji. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMPN 3 Dempet Demak.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang berusaha membuat deskripsi atau gambaran dari fenomena yang diselidiki dengan cara membuat kesimpulan berdasarkan data-data yang diperoleh selama penelitian. Sedangkan teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian yang penulis lakukan adalah penggunaan media audio visual  efektif dalam pembelajaran PAI. hal ini terbukti melalui hasil uji efektivitas pembelajaran dengan pendekatan teori Robert E.Slavin yang memnuhi indikator sebagai berikut :Presentase  waktu  belajar  siswa  kelas IX SMPN 3 Dempet yang  tinggi  dicurahkan  terhadap kegiatan belajar mengajar, Terbangunnya motivasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran, adanya kesesuaian materi ajar dengan kemampuan siswa , terbangunnya pengalaman belajar yang melibatkan siswa berperan secara aktif.

Kata Kunci: Efektivitas , Media Pembelajaran, Audio Visual

 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, ed. revisi VI, Jakarta, Rineka Cipta, 2006

Achamadi, Ilmu Pendidikan Islam 1, Salatiga, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 1987

Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2004

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Daradjat, Zakiah dkk., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2014

Hamzah , Amir , Media Audio-Visual untuk Pengajaran, penerangan, dan penyuluhan (Jakarta: PT Gramedia, 1995

Hadi,Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta, Andi Offset, 1980

Slavin, E.Robert, Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik (edisi kedelapan),Jakarta, PT.Indek,2009

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Pers, 1988

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2006

Warsita, Bambang Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: RinekaCipta, 2008

Warsihna, Jaka , Dilema Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Teknodik. Edisi no. 16/IX/Teknodik/Juni, 2005.

Wawancara Bersama Responden: guru PAI SMPN 3 Dempet,Siswa kelas IX SMPN 3 dempet


Refbacks

  • There are currently no refbacks.