Implementasi Game Adventure Berwawasan Pertanian Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Pemuda terhadap Pertanian

Reksa Saputra, Muhammad Dandi Ramadhan, Badilah Bin Rawin, Sri Asnawati

Abstract


Fenomena menurunnya profesi sebagai petani di Indonesia terus terjadi. Berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2013, jumlah rumah tangga usaha pertanian di Indonesia mengalami ratarata penurunan per tahun sebesar 1,75 % (BPS 2013), Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
untuk meningkatkan pengetahuan dan minat pemuda terhadap bidang pertanian. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sosialisai dan pengenalan ilmu pertanian yang dikemas semenarik mungkin agar para pemuda tertarik untuk menggeluti bidang pertanian. Salah satu caranya dengan merancang board game menggunakan software Role Playing Game (RPG) maker MV. Metode yang digunakan dalam penyusunan game ini adalah deskriptif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan pemuda setelah memainkan game yaitu sebanyak 53,33%
respondense yang memperoleh nilai 91 – 100. Dimana sebelum memainkan game, respondense yang memperoleh nilai 91-100 hanya sebanyak 13,33%. Sedangkan hasil kuisioner disimpulkan bahwa
para pemuda tertarik untuk menekuni dunia pertanian. Dibuktikan dengan perolehan 6 butir nilai A, yang berarti subjek penelitian sangat tertarik untuk belajar pertanian, 5 subjek memberikan Nilai B atau tertarik dengan dunia pertanian, 2 subjek memberikan nilai C atau cukup tertarik terhadap
bidang pertanian dan 2 subjek memberikan nilai D atau kurang tertarik terhadap pertanian. Peneliti berharap, penyusunan game berwawasan Pertanian ini, dapat memberikan altenatif yang menarik dalam mengenalkan ilmu pertanian.
Kata kunci: Game Advanture, Pertanian, RPG Maker MV

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.