Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudayaan Islam
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Sejarah Budaya Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka, yaitu menganalisis artikel dan sumber terbaru yang terkait dengan upaya peningkatan pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah. Artikel yang dianalisis sebanyak 30 artikel yang terbit antara tahun 2018-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru karena memerlukan peran aktif guru sebagai fasilitator pembelajaran yang handal. Pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru, menjadikan siswa sebagai pusat kegiatan pembelajaran, dan memperkaya proses pembelajaran di madrasah
Full Text:
PDFReferences
Rusdiantoro, A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Semarang. Jurnal Pendidikan Sultan Agung. 1(1),hal.1-9.haqna. (2024). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Analisis Konsepsi, Tujuan,
Materi, Strategi, Dan Evaluasi Pembelajaran). 9, 92–107.
]"?haris. (19
. No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(November), 14–25.
Hasmar, A. H. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 15. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6789
Jannes Siregar. (2022). Meningkatkan Kompetensi Profesional Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui. Jurnal Pendidikan Ips, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.32696/jpips.v3i1.1256
Karim, N. (2024). Al-Mutharahah : 21(01), 512–526. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.
Kreisler, F. (1962). 3 & 4 Œ 3 Œ ? 4. 1(11), 36–40.
Munawir, Alvia Amalani Mujaroh Putri, & Rizky Amaliah. (2024). Upaya Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam MeningkatkanKualitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 82–92.
Ningsih, R., Halim, S., Hanafi, A. H., & Dahlan, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 191–202. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.494
Safitri, M. (2020). Analisis kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum di SMA Negeri. Journal of Islamic Education and Innovation, 1(2), 18. https://doi.org/10.26555/jiei.v1i2.1474
Sakinah. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48. https://doi.org/10.19109/pairf.v6i1
Sumartini, T. S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 1–7. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:jfDgJQUQWmcJ:scholar.google.com/+Peningkatan+Kemampuan+Pemecahan+Masalah+Matematis+Siswa+melalui+Pembelajaran+Berbasis+Masalah&hl=id&as_sdt=0,5
Wulandari, M. R., & Iriani, A. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 177–189. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p177-189
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i3.40642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.
Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id