The Effect of Pictures and Videos on English Foreign Learners’ Writing Skill at IISIP YAPIS BIAK, Papua.

Jelita Purnamasari, Rahmah Agustiani

Abstract


Penelitian ini berfokus pada studi perbandingan kemampuan mahasiswa dalam menulis teks naratif antara menggunakan gambar dan video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana dari dua media tersebut yang dapat meningkatkan produktivitas mahasiswa dalam menulis teks naratif dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara prestasi menulis mahasiswa yang diajarkan menggunakan gambar dan video animasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan beberapa tes. Pre-test bertujuan untuk mengetahui apakah kedua variabel memiliki skor rata-rata yang sama atau tidak dan post-test diberikan untuk mengidentifikasi pengembangan kemampuan mahasiswa dalam menulis teks naratif setelah diajarkan menggunakan gambar dan video animasi. Selain itu, peneliti menggunakan rumus T-Test untuk menganalisis masalah. 60 mahasiswa berpartisipasi sebagai sampel penelitian ini. Mereka berasal dari dua kelas yang berbeda, yaitu Program studi Ilmu Komunikasi dan program studi Administrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik gambar dan video animasi direkomendasikan untuk membantu mahasiswa meningkatkan produktivitas mereka dalam menulis teks naratif dan tidak ada perbedaan yang signifikan dari kemampuan mahasiswa dalam menulis teks naratif antara menggunakan gambar dan video animasi yang ditunjukkan oleh nilai. T-test 0,07, yang tidak melewati nilai kritis DF 56 (2,00).

Full Text:

PDF

References


Brown, D. (2001). Teaching by principles, An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Pearson Education.

Harmer, J. (2014). How to Teach Writing. New York: Pearson Education Limited

Hasanah, N., & Mada Ali, S. (2020). The Students’ Motivation in Writing through Mind Mapping at Tomakaka University of Mamuju. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 341-346. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.837

Maiza, M., & Nurcahyoko, K. (2020). The Effectiveness of Audio-visual Media to Improve Students’ Writing Ability of Procedure Text. Journal of English Language Teaching and Islamic Integration, 3(01), 230-237.

Putri, N., & Aminatun, D. (2021). Using Facebook to practice writing skill: What do the students think?. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(1), 45-50.

Royanti. (2007). The Use of English Comics to Improve Students’ ability in story Telling, State University of Semarang. Retrieved from: http://id.scribd.com/doc/204469913/Skripsi-Using-Comic-Toimprove-Ability-in-story.

Sanjaya, I., Raja, P. & Sukirlan, M. (2014). The Use Of Animation Film In Improving Students Narrative Writing Ability. UNILA Journal of English Teaching, Vol 3, No 1, pp. 1 – 20.

Toledo, M. A., Yangco, R. T., & Espinosa, A. A. (2014). Media Cartoons: Effects on Issue Resolution In Environmental Education. International Electronic Journal of Environmental Education Vol.4, Issue 1, pp. 19-50.

Toba, R., & Noor, W. N. (2019). The current issues of Indonesian EFL students’ writing skills: Ability, problem, and reason in writing comparison and contrast essay. Dinamika Ilmu, 19(1), 57-73.

Ur, P. (1996). A course in Language Teaching: Practice and Theory. New York: Cambrige University Press.

Wright, A. (1989). Pictures for Language Learning. United Kingdom: Cambrige.

Yunus, M. M., Zakaria, S., & Suliman, A. (2019). The Potential Use of Social Media on Malaysian Primary Students to Improve Writing. International Journal of Education and Practice, 7(4), 450-458.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i1.34113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id