Integrasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Persis

Reksa Adya Pribadi, Asfiyatu Dzambiyah, Astri Oktaria Putri, Visualy Seyu Rahmatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka dengan kurikulum sebelumnya di SD Persis. Kurikulum Merdeka adalah inovasi pendidikan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan dengan mengintegrasikan inovasi, kebebasan, dan kemampuan siswa untuk menyesuaikan diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diambil berupa hasil wawancara, observasi, jurnal, artikel, buku, dan karya ilmiah lainnya yang relevan dan sesuai dengan objek kajian penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka di SD PERSIS telah dijalankan dengan baik, melibatkan perencanaan yang matang, penerapan teknologi, dan penekanan pada pembentukan karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila karena mencerminkan upaya untuk menciptakan generasi yang mandiri, kreatif, berkebinekaan, dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia. Kata Kunci: kurikulum merdeka, integras, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


About Company PT. Prudential Life Assurance. (2020). Genjot Literasi Keuangan, Prudential Indonesia Perluas Kurikulum Cha-Ching :

https://www.prudential.co.id/id/pahami-bareng/cerita asuransi/informasi-terkini/genjot-literasi-keuangan-prudential-indonesia-perluas-kurikulum-cha ching/#:~:text=Kurikulum%20Cha%2DC

hing%20merupakan%20program,%2C%20dan%20Menyumbangkan%20(Donate). Diakses pada 8 November 2020 pukul 13.35 WIB.

Hasanah, A. (2018). Penanamanan Karakter Mandiri Pada Peserta Didik Di Mi Ma’arif Nu Jipang Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Jannah, A. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di Sekolah Penggerak (Doctoral dissertation, Pendidikan Guru Sekolah Dasar). https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila.

Diakses pada 8 November 2020 pukul 13.35 WIB.

Kemdikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila :

Kurniawan, A., Yanti, H., & Abdurrahman, A. (2023). Menajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran di SD Negeri 16 Meulaboh-Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1927-1935.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan:

Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1587-1593.

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan karakter mandiri anak melalui kegiatan naik transportasi umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113-118.

Prastiti, T. D., Tresnaningsih, S., & Mairing, J. P. (2018). Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa siswa SMAN di Surabaya. AdMathEdu, 8(1), 83-94.

Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 146-151.

Shihab, F., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2023). Adaptasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4600-4605.

Yudhawardhana, A. N. (2018, February). Kegiatan Jumat Bersih di Lingkungan Sekolah sebagai Bentuk Sikap Gotong-Royong dalam Membentuk Karakater Siswa. In Seminar Nasional

Lembaga Kebudayaan (SENASGABUD) (Vol. 1, No. 1)




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i1.33821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id