Kepraktisan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Project Based Learning

Arifah Era Zusnia, Puji Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari masih banyak terdapat peserta didik yang kurang untuk berpartisipasi aktif pada proses belajar mengajar karena belum terdapatnya bahan belajar yang bisa mendorong minat dan keaktifan peserta didik. Salah satu cara dalam mendorong aktivitas, minat dan motivasi belajar bagi peserta didik yakni dengan penggunaan LKPD yang mampu menunjang peserta didik aktif serta mandiri selama pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni membentuk LKPD dengan pendekatan PJBL pada siswa MTs yang praktis. Research and Development (penelitian pengembangan) digunkan sebagai jenis penelitiannya, dengan model 4D yang memuat tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Akan tetapi, dipenelitian ini melakukan tahap Define, Design, serta Develop dengan uji kepratisan saja. Digunakannya lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswasebagai instrumen penelitian. Hasil penilian kepraktisan LKPD dari presentase keterlaksaan pembelajaran dengan LKPD yakni 94% berkriteria sangat baik. Dan dari hasil angket respon siswa didapatkan rata-rata skor keseluruan yakni 4.38 berkriteria sangat baik. Sehingga bisa diketahui bahwa LKPD dengan pendekatan PJBL pada siswa Mts memenuhi kriteria praktis.

Keywords


Kepraktisan, Pengembangan ,LKPD, PJBL.

Full Text:

PDF

References


Ardhyantama, V., Ananda, R. A., & Sugiyono, S. (2022). Pengembangan Media Booklet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Banyak. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 254–264.

Busro, M., & Fuad, A. (2020). Psikologi pendidikan sebagai dasar pembelajaran. El Wahdah, 1(1), 71–88.

Dewi, N. R., & Ardiansyah, A. S. (2022). Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Penerbit Lakeisha.

Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pencapaian Penguasaan Konsep Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 105–118.

Ernawati, T., & Sujatmika, S. (2018). Pengembangan LKS berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 149–161.

Hastuti, E., & Fauzan, A. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Penyajian Data. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 267. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8711

Kunrade, H. T., Sulangi, V. R., & Kaunang, D. F. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Kubus dan Balok dengan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Geogebra. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(1), 103–122. https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i1.1869

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Academia Publication.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180–187.

Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, 2(2), 86–91.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI).

Muhammad, M. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smk Muhammadiyah 06.

Permana, F. H., & Chamisijatin, L. (2019). Project-based learning through edmodo: improving critical thinking and histology concepts. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 58–69.

Pratama, Y. (2018). Pengembangkan LKPD Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. UNIVERSITAS LAMPUNG.

Rahayu, P., & Kholillah, K. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa SMP. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2805

Rahayu, P., & Ulul, E. D. (2018). Validitas Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Konstruktivisme pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika II. Jurnal Teladan, 3(2).

Rukajat, A. (2018). Teknik evaluasi pembelajaran. Deepublish.

Suharsono, D. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Feature berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Program Jurnalistik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Kiprah, 8(1), 27–37.

Winarlis, W., & Hasanuddin, H. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 297–304.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.3.197-204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id